Kemendagri Raih Penghargaan RAN PE Award 2023, Lihat Itu Dirjen Polpum Bahtiar & Komjen Boy Rafli

Kemendagri Raih Penghargaan RAN PE Award 2023, Lihat Itu Dirjen Polpum Bahtiar & Komjen Boy Rafli
Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar (kiri) menyerahkan Penghargaan RAN PE Award 2023 kepada Dirjen Polpum Kemendagri Bahtiar mewakili Mendagri Tito Karnavian. Foto: Humas Kemendagri

jpnn.com - JAKARTA – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mendapat penghargaan Kategori Inisiator Pelaksanaan Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Penanggulangan Ekstremisme Berbasis Kekerasan yang Mengarah pada Terorisme (RAN PE).

Kemendagri dinilai sebagai salah satu kementerian yang menginisiasi pelaksanaan RAN PE di tingkat pusat maupun daerah.

Penyerahan penghargaan tersebut berlangsung dalam acara RAN PE Award 2023 di Ballroom The Sultan Hotel & Residence Jakarta, Jumat (10/3).

Penghargaan diserahkan langsung oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol. Boy Rafli Amar kepada Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Dirjen Polpum) Kemendagri Bahtiar yang hadir mewakili Mendagri Muhammad Tito Karnavian.

Dalam sambutannya, Komjen Boy Rafli menjelaskan, RAN PE merupakan upaya memerangi ideologi berbasis kekerasan melalui mitigasi di tingkat hulu dengan berbagai program.

“Upaya ini diharapkan dapat memiliki daya tangkal terhadap paham yang bertentangan dengan ideologi bangsa Indonesia. Karena itu, dukungan pemerintah dan organisasi pemangku kepentingan dibutuhkan untuk menyukseskan program tersebut,” ujar Boy Rafli.

Pria kelahiran 25 Maret 1965 itu menuturkan, dalam rangka mencegah tumbuh kembangnya pemahaman ideologi berbasis kekerasan di Indonesia, BNPT mengedepankan penanaman lima vaksin kebangsaan.

Hal itu di antaranya transformasi wawasan kebangsaan, revitalisasi nilai-nilai Pancasila, moderasi dalam beragama, pelestarian akar budaya bangsa, dan pembangunan kesejahteraan.

Dirjen Polpum Kemendagri Bahtiar menerima penghargaan RAN PE 2023 dari BNPT, yang diserahkan Komjen Boy Rafli Amar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News