Kemendikbud Luncurkan Laman Guru Berbagi

Kemendikbud Luncurkan Laman Guru Berbagi
Logo laman Guru Berbagi Kemendikbud Foto: ANTARA/HO-dok pri

jpnn.com, JAKARTA - Pelaksana tugas Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Supriano mengatakan laman Guru Berbagi dibuka untuk meningkatkan pembelajaran di rumah.

"Laman ini merupakan pendukung untuk proses pembelajaran jarak jauh yang dilakukan saat ini," ujar Supriano dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (30/4).

Diterapkannya kegiatan pembelajaran di rumah yang diberlakukan pemerintah selama pandemi COVID-19, mengharuskan para guru untuk tetap melakukan pembelajaran walau dilakukan di rumah. Para guru diharapkan berinovasi dan berkolaborasi dalam memberikan sistem pembelajaran bagi peserta didiknya.

Laman Guru Berbagi dapat diakses pada tautan https://guruberbagi.kemdikbud.go.id.

Supriano mengajak para guru untuk ikut berpartisipasi dalam mengisi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada laman itu. Pada laman tersebut terdapat banyak model pembelajaran berbasis teknologi yang nantinya akan diunggah oleh para guru.

Ia menjelaskan laman itu akan terus berkembang lebih baik seiring RPP yang makin banyak diunggah.

"Laman ini bisa menjadi ruang bagi guru untuk saling berbagi semangat positif dan strategi pembelajaran yang kreatif sehingga guru tetap dapat melakukan proses pembelajaran yang berkualitas dan menyenangkan sembari membantu sesama yang masih beradaptasi dalam situasi sulit ini," kata dia.

Supriano menyampaikan beberapa kendalanya antara lain adalah belum terbiasanya guru, kurangnya konten, hingga perkara infrastruktur seperti internet. Namun dengan kerja sama para guru dan banyak pihak yang mendukung Guru Berbagi, platform ini diharapkan akan terus berkembang lebih baik lagi.

Laman Guru Berbagi merupakan pendukung untuk proses pembelajaran jarak jauh yang dilakukan saat ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News