Kemendikbud Usulkan Mohammad Tabrani sebagai Pahlawan Nasional

Kemendikbud Usulkan Mohammad Tabrani sebagai Pahlawan Nasional
Kepala Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan Kemendikbud Dadang Suhendar ziarah di makam Mohammad Tabrani di TPU Tanah Kusir, Kamis (18/7). Foto: Mesya/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kemendikbud mengusulkan nama almarhum Mohammad Tabrani sebagai Pahlawan Nasional. Menurut Kepala Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan Dadang Suhendar, butuh waktu panjang mendapatkan persetujuan presiden untuk penetapan Mohamad Tabrani sebagai Pahlawan Nasional.

Sembari menunggu proses panjang itu, Kemendikbud sudah melakukan berbagai tahapan. Mulai dari pemberian nama gedung yang semula Samudera menjadi M Tabrani. Selain itu usulan nama jalan di DKI Jakarta.

"Kami sudah mengajukan usulan kepada Gubernur Anies Baswedan agar M Tabrani dijadikan nama jalan utama di DKI. Kami usulkan di dekat Museum Sumpah Pemuda karena almarhum adalah pencetus bahasa persatuan Indonesia dalam Kongres Pemuda 1928," beber Dadang usai ziarah di makam M Tabrani di TPU Tanah Kusir, Kamis (18/7).

Dadang yang didampingi Kepala Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra Hurip Danu Ismadi menambahkan, cita-cita ingin mengusulkan Mohammad Tabrani sebagai Pahlawan Nasional sudah lama.

Namun baru terlaksana sekarang. Harapannya, ke depan masyarakat terutama anak muda semakin memahami kiprah almarhum sebagai penggagas utama kelahiran bahasa dan simbol negara yang menyatukan bangsa dari Sabang sampai Merauke.

Kemendikbud, lanjutnya, saat ini masih harus menelusuri bukti-bukti ahli waris sebagai salah satu syarat pengajuan usulan ke Kementerian Sosial. Jangan sampai menetapkan seseorang sebagai Pahlawan Nasional tapi tidak tahu sejarah makanya jejeknya harus ditelurusi.

"Proses penetapannya cukup lama 1-2 tahun karena nanti diteken presiden," ucapnya.

BACA JUGA: Sindiran Menkumham Dibalas Wali Kota Tangerang dengan Matikan PJU dan tak Angkut Sampah

Butuh waktu panjang mendapatkan persetujuan presiden untuk penetapan Mohamad Tabrani sebagai Pahlawan Nasional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News