Kemendikbudristek Siapkan 9 Jenis Beasiswa Vokasi, Syarat Lebih Mudah, Peluang Besar

Kemendikbudristek Siapkan 9 Jenis Beasiswa Vokasi, Syarat Lebih Mudah, Peluang Besar
Kemendikbudristek memberikan sembilan program beasiswa vokasi untuk siswa, guru, dosen, dan tenaga kependidikan. Foto Humas Kemendikbudristek

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi atau Kemendikbudristek bekerja sama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) menyiapkan sembilan jenis beasiswa vokasi tahun ini. Kesembilan beasiswa tersebut terdiri atas dua program beasiswa gelar dan tujuh program non-gelar.

Direktur Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri Kemendikbudristek Ahmad Saufi mengatakan program untuk guru, dosen, siswa, dan mahasiswa ini bertujuan menyiapkan sumber daya manusia (SDM) unggul vokasi menghadapi transformasi pendidikan.

"Transformasi dan relevansi pendidikan vokasi ini menjadi tantangan di tengah kemajuan teknologi dan industrialisasi yang pesat," kata Ahmad Saufi saat diskusi media, Jumat (21/5).

Dia melanjutkan melalui program kolaboratif inilah Kemendikbudristek berupaya menyelesaikan persoalan pembangunan SDM yang masih dihadapi.

Direktur Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi Beny Bandanadjaja mengatakan lewat program beasiswa ini, guru dan dosen vokasi bisa mengenyam pendidikan lanjutan di perguruan tinggi, baik dalam dan luar negeri.

Harapannya, lanjut Beny, dapat tercipta pengajar vokasi yang memiliki pemahaman dan pengetahuan lebih terhadap dunia vokasi.

"Sehingga mereka bisa membuat pendidikan vokasi di Indonesia makin maju. Apalagi selama ini masih banyak pengajar vokasi yang tidak memiliki background pendidikan vokasi," kata Beny.

Bersama LPDP, Beny mengatakan, beasiswa vokasi ini akan lebih mudah dijangkau dan meyakini program ini berbeda dibandingkan beasiswa LPDP pada umumnya.

Kemendikbudristek bekerja sama dengan LPDP menyiapkan 9 jenis beasiswa vokasi untuk siswa, guru, dosen, dan tenaga kependidikan. Kemendikbudristek bekerja sama dengan LPDP menyiapkan 9 jenis beasiswa vokasi. Inilah jenis beasiswa vokasi tersebut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News