Kemendiknas Bangun SMK Unggulan di MP3EI

Kemendiknas Bangun SMK Unggulan di MP3EI
Kemendiknas Bangun SMK Unggulan di MP3EI
JAKARTA - Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) akan mengembangkan SMK unggulan di daerah-daerah yang termasuk dalam Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI). Dari 18 sekolah yang ditergetkan, hingga kini sudah ada 10 SMK yang dikembangkan menjadi unggulan.

Kesepuluh SMK itu berada di Palembang, Bandung 2 sekolah, perbatasan Wonogiri-Pacitan, Kuningan, Palangkaraya, Probolinggo, Selong NTB, dan Denpasar 2 sekolah.

Direktur Pembinaan SMK Joko Sutrisno mengatakan, untuk zona ekonomi, SMK yang disiapkan sesuai dengan pengembangan MP3EI. Misalnya di daerah yang banyak membangun disiapkan teknisi bangunan. Ada juga yang dilatih entrepreneur muda berdagang serta manufaktur dilatih membuat alat angkut pedesaan yang murah.’’Di NTB yang dikembangkan pertanian kita bisa buat alat angkut hewan yang murah. Pokoknya inline dengan zona ekonomi,’’ ucap Joko di Jakarta, kemarin (13/7).

Dilanjutkan Joko, selama ini jurusan SMK yang paling banyak diminati adalah teknologi bangunan. Sekarang ini Indonesia masih kekurangan ahli bangunan. Saat terjadi krisis moneter 1997, industri konstruksi kolep. Akibatnya minat turun. Tapi, sekarang usaha tersebut kembali bergeliat. Sehingga kekurangan tenaga.

JAKARTA - Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) akan mengembangkan SMK unggulan di daerah-daerah yang termasuk dalam Masterplan Percepatan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News