Kemendiknas Buka SMK Kecil

Tingkatkan APK SMP

Kemendiknas Buka SMK Kecil
Kemendiknas Buka SMK Kecil
JAKARTA - Kementerian Pendidikan Nasional (kemendiknas) berencana membuka SMK kecil. Sebuah SMK dengan jumlah siswa dan jurusan yang terbatas. Bertujuan sebagai sekolah alternatif untuk menampung lulusan SMP terbuka yang ingin meneruskan pendidikan 12 tahun.

Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah (Mandikdasmen) Suyanto mengatakan, untuk meningkatkan angka pertisipasi kasar (APK) pendidikan setara SMP, pihaknya terus melakukan peningkatan terhadap SMP terbuka yang jumlahnya sebanyak 2.111 sekolah. "Kami tingkatkan dengan memaksimalkan bantuan operasional sekolah," tuturnya usai membuka lomba motivasi belajar mandiri SMP Terbuka se-Indonesia di Jakarta, kemarin.

Tahun ini Kemendiknas menyediakan dana BOS dari APBN dengan jumlah Rp 575 ribu pertahun untuk setiap siswa SMP di kota. Dan senilai Rp 570 ribu pertahun untuk setiap siswa SMP di kabupaten. "Provinsi dan kabupaten/kota kan juga menyediakan pendamping BOS," tutur Suyanto.

Dia menjelaskan, status APK tahun lalu mencapai 96,18 persen sudah ditingkatkan menjadi 98,11 persen. Dari jumlah 12.942 ribu penduduk usia 13 hingga 15 tahun, hanya 12.698 ribu yang meneruskan pendidikan setingkat SMP. Sekitar 244 ribu diantara mereka masih belum mendapatkan pendidikan sembilan tahun.

JAKARTA - Kementerian Pendidikan Nasional (kemendiknas) berencana membuka SMK kecil. Sebuah SMK dengan jumlah siswa dan jurusan yang terbatas. Bertujuan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News