Kemendiknas Minta Tertibkan Lembaga PNFI

Kemendiknas Minta Tertibkan Lembaga PNFI
Kemendiknas Minta Tertibkan Lembaga PNFI
JAKARTA - Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) meminta untuk menertibkan lembaga-lembaga di lingkungan Pendidikan Non-Formal dan Informal (PNFI). Direktur Jenderal (Dirjen) PNFI Kemendiknas, Hamid Muhammad mengatakan, semua aparat yang menangani PNFI diminta untuk memastikan bahwa lembaga-lembaga itu bukan lembaga virtual. Istilahnya, lembaga yang hanya melaporkan nama lembaganya, tetapi sebenarnya tidak melakukan apa-apa.

"Tolong ini dicek betul. Kami betul-betul ingin menertibkan semua lembaga-lembaga PNFI, agar PNFI bisa dipercaya, trusted, dan semua orang respek terhadap PNFI," terangnya di Jakarta, Kamis (4/2).

Dengan semakin banyaknya animo masyarakat yang ingin mendirikan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), maka menurut Hamid, pihaknya juga meminta agar keinginan masyarakat tersebut dikontrol. "Jangan asal memberikan izin untuk (mendirikan) PAUD, sepanjang standar pelayanan minimal tidak terpenuhi," tegasnya.

Disebutkan, dari 29,8 juta anak usia 0-6 tahun, sejauh ini separuhnya sudah terlayani. Duapertiga dari jumlah tersebut, kata Hamid, dilayani oleh PAUD non-formal, sedangkan sepertiganya dilayani oleh PAUD formal seperti taman kanak-kanak dan raudhatul athfal. "Kita harus bersungguh-sungguh untuk menekankan (bahwa) layanan PAUD itu betul-betul memenuhi standar layanan minimal," katanya.

JAKARTA - Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) meminta untuk menertibkan lembaga-lembaga di lingkungan Pendidikan Non-Formal dan Informal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News