Kemenhub Dorong Pengembangan Destinasi Wisata di Jalur Pansela, Ini Tujuannya

Kemenhub Dorong Pengembangan Destinasi Wisata di Jalur Pansela, Ini Tujuannya
Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Hendro Sugiatno bersama Direktur Preservasi Jalan dan Jembatan Wilayah I Kementerian PUPR Akhmad Cahyadi, Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi, dan Direktur Operasional PT Jasa Raharja Dewi Aryani Suzana melakukan peninjauan langsung di Jalur Pansela, Jumat (20/1). Foto: Dokumentasi Humas Kemenhub

jpnn.com, PANGANDARAN - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan mendorong Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif maupun pemerintah daerah untuk mengembangkan destinasi wisata agar dapat menghidupkan jalur Pantai Selatan (Pansela) Jawa..

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Hendro Sugiatno menyampaikan jalur Pansela di wilayah Jawa Barat dari Pelabuhan Ratu, Sukabumi sampai Pangandaran memiliki 13 pantai indah yang sangat potensi untuk dikembangkan.

"Kami akan dorong Kemenparekraf dan pemerintah daerah untuk mengembangkan sektor pariwisata yang ada supaya masyarakat berminat melewati jalur ini," kata Dirjen Hendro, Jumat (20/1).

Pada Jumat (20/1) merupakan hari kedua peninjauan langsung jalur Pansela yang dilakukan Dirjen Hendro bersama Direktur Preservasi Jalan dan Jembatan Wilayah I Kementerian PUPR Akhmad Cahyadi, Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi, dan Direktur Operasional PT Jasa Raharja Dewi Aryani Suzana.

"Nah ketika jalur Pansela Jawa ini ramai digunakan, secara otomatis akan menumbuhkan minat investasi dan pertumbuhan ekonomi, karena pantai-pantai di jalur Pantai Selatan view-nya sangat luar biasa indahnya," ungkap Dirjen Hendro.

Direktur Preservasi Jalan dan Jembatan Wilayah I, Kemenenterian PUPR Akhmad Cahyadi menambahkan jalur pantai selatan dari hingga Pangandaran panjangnya 416 kilometer dengan lebar jalan 7 meter.

"Kondisi jalan cukup baik, hanya ada di beberapa tempat kondisi jalannya sedikit rusak, namun sudah langsung diperbaiki, yaitu di wilayah Surade - Tegal Beleud, Kabupaten Sukabumi," kata Akhmad Cahyadi.

Dari jalur pantai selatan ini juga memiliki akses ke Bandung dari pertigaan Cidaun.

Kemenhub mendorong Kemenparekraf dan pemda mengembangkan sektor pariwisata yang ada supaya masyarakat berminat melewati jalur Pansela

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News