Kemenhub Hadirkan Layanan BTS Teman Bus di Medan, Cek Rutenya

Kemenhub Hadirkan Layanan BTS Teman Bus di Medan, Cek Rutenya
Menhub Budi Karya Sumadi saat mencoba pelayanan BTS Trans Metro Deli, di Kota Medan, Minggu (8/11). Foto: Humas Kemenhub.

jpnn.com, MEDAN - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meresmikan layanan Buy The Service atau BTS Teman Bus di Medan, Sumatera Utara yang diberi nama Trans Metro Deli. Transportasi ini tersedia dalam 5 koridor dengan jumlah bus sebanyak 72 unit.

"Esensi yang kita lakukan hari ini adalah bagaimana Medan mempunyai angkutan massal yang masif, bagus, dan signifikan. Harapannya di akhir tahun 2021, lompatan angkutan massal ini meningkat dengan baik," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meresmikan Program Pembelian Layanan Angkutan Perkotaan BTS di Sumut pada Minggu (8/11).

Pada kesempatan itu juga dilakukan peletakan batu pertama Revitalisasi Terminal Penumpang Tipe A Amplas, dan Peninjauan Program Padat Karya di terminal tersebut.

Budi Karya mengatakan, langkah konkret lewat BTS ini merupakan suatu program subsidi bagi angkutan massal perkotaan di mana terjadi gap antara daya beli masyarakat dengan cost yang dikeluarkan operator.

"Selisihnya kita bayar sampai suatu waktu tertentu daerah tersebut sudah mampu diberlakukan komersil. Makanya kita tidak memberikan bus tetapi memberikan subsidi,” jelas Budi Karya.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat) Kemenhub Budi Setiyadi dalam laporannya menyebutkan bahwa program BTS ini telah hadir di 5 kota besar, yakni Palembang, Solo, Denpasar, Medan, dan Yogyakarta.

"Kita harapkan acara hari ini dapat dimulai flag off Teman Bus di Medan," ucapnya.

Dia juga menjelaskan bahwa program BTS ini akan didukung oleh manajemen pengelola yang melaksanakan monitoring dan evaluasi dengan menggunakan sistem operasional kendaraan yang meliputi sistem operasional, pemeliharaan, pengelolaan keuangan, sistem SDM yang didukung dengan digitalisasi secara real time.

Menhub Budi Karya Sumadi meresmikan operasional BTS Trans Metro Deli dengan 5 koridor dan jumlah bus 72 unit.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News