Kemenhub Jajaki Kerja Sama dengan Korea Selatan, Siapkan Sistem Transportasi Cerdas

Kemenhub Jajaki Kerja Sama dengan Korea Selatan, Siapkan Sistem Transportasi Cerdas
Kementerian Perhubungan melakukan kerja sama dengan Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, dan Transportasi Republik Korea. Foto: dok Kemenhub

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan melakukan kerja sama dengan Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, dan Transportasi Republik Korea (Ministry of Land, Infrastructure, and Transport) pada Senin (21/03).

Kerja sama itu dilakukan dengan pendatanganan Memorandum of Agreement (MoU) antara Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi dan Wakil Menteri Pertanahan dan Infrastruktur Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, dan Transportasi Republik Korea, Yun Seong-won.

Penandatangan itu disaksikan Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi.

Menhub Budi menyebutkan dalam bidang transportasi antara Indonesia dan Korea terjalin hubungan bilateral yang intensif dan saling menguntungkan.

Sementara Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengatakan seperti Menhub bahwa untuk transportasi darat di Indonesia, saat ini menyangkut Intelligent Transport System (ITS) atau Sistem Transportasi Cerdas memang sangat penting diterpakan di beberapa kota Indonesia.

"Beberapa kota di Indonesia mengalami kemacetan,” kata Dirjen Budi dalam dalam siaran persnya, Senin (21/3).

Adapun kerja sama tersebut dalam sektor transportasi darat meliputi implementasi hibah dari Republik Korea pada proyek percontohan Pembangunan Sistem Transportasi Cerdas/ITS dan Pengembangan Terminal Bus, serta Sistem Manajemen Informasi Bus (Bus Information Management System/BIMS) di wilayah Jabodetabek.

Menurut dia, kehadiran ITS di Indonesia akan sangat membantu memecahkan persoalan transportasi dan lalu lintas.

“Tahu ini diharapkan mulai menerapkan ITS di beberapa koridor di kota-kota besar Indonesia. Skema ITS juga sudah kami integrasikan bagaimana Indonesia berkomitmen membangun BTS untuk angkutan massal perkotaan,” terangnya.

Dirjen Budi juga menyatakan apresiasinya atas kerja sama yang terjalin antara kedua belah pihak.

“Kami berterima kasih kepada Pemerintah Korea yang akan melakukan pengembangan terminal bus termasuk modifikasi dengan penambahan ITS untuk memudahkan kami melakukan manajemen di Terminal Tipe A," ungkap Dirjen Budi. (jpnn)


Kementerian Perhubungan melakukan kerja sama dengan Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, dan Transportasi Republik Korea.


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News