Kemenhub Siap Operasikan 5 Kapal Ternak Baru

Kemenhub Siap Operasikan 5 Kapal Ternak Baru
Kapal ternask. Ilustrasi. Foto dok Humas Pelindo

jpnn.com, JAKARTA - Sebanyak lima unit kapal ternak baru yang dibangun Direktorat Jenderal Perhubungan Laut siap dioperasikan pada 2018. 

Pengoperasian kapal ternak ini bertujuan meningkatkan efektifitas kegiatan pengangkutan kapal ternak untuk mendukung program ketahanan pangan, khususnya di bidang swasembada daging sapi di Indonesia.

Seperti diketahui dalam mendukung ketahanan pangan di Indonesia khususnya swasembada daging, sejak 2015 Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut membangun lima unit kapal ternak yang akan selesai pada semester I 2018 dengan total anggaran sebesar Rp 295,5 miliar.

“Kementerian Perhubungan akan terus mendukung program ketahanan pangan yang merupakan program unggulan pemerintah Jokow-JK, khususnya di bidang swasembada daging sapi melalui penambahan kapal ternak dan penambahan rute. Ini juga bertujuan untuk menurunkan harga daging sapi sekaligus menjaga kualitas dari daging sapi itu sendiri," ujar Direktur Jenderal Perhubungan Laut, R. Agus H. Purnomo.

Adapun kelima kapal dimaksud diberi nama KM. Camara Nusantara II, KM. Camara Nusantara III, KM. Camara Nusantara IV, KM. Camara Nusantara V dan KM. Camara Nusantara VI.

"Kelima kapal ini siap dioperasikan pada 2018 ini guna mendukung operasi kapal ternak yang sudah ada yaitu KM. Camara Nusantara I," jelasnya.

Rencananya kelima kapal tersebut akan ditempatkan pada lima Pangkalan Pelabuhan yaitu Pelabuhan Waingapu, Atapupu, Bima, Celukan Bawang, Pasean (Pamekasan).

“Dengan pengoperasian kapal ternak ini diharapkan bisa menjaga kualitas dan melindungi sapi yang ada di atas kapal dengan fasilitas yang memang dibuat khusus untuk mengangkut hewan ternak. Sebelumnya, pengangkutan sapi menggunakan kapal cargo biasa yang tidak diperuntukkan khusus untuk sapi membuat sapi cenderung stres dan kurang terawat," ujar Agus.

Kelima kapal ini siap dioperasikan pada 2018 untuk mendukung operasi kapal ternak yang sudah ada yaitu KM. Camara Nusantara I.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News