Kemenhub Siapkan Kapal Cadangan untuk Pemudik

Kemenhub Siapkan Kapal Cadangan untuk Pemudik
Pemudik. Foto: dokumen JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan akan menyiapkan kapal cadangan khusus di daerah Madura, Banjarmasin, Makassar dan Balikpapan.

Kapal cadangan ini nantinya akan digunakan bila kapal yang ada untuk mengangkut pemudik kurang.

"Bagi yang ada di Madura, Banjarmasin, Makassar dan Balikpapan lakukan mudik dengan baik karena kami mempersiapkan kapal-kapal cadangan bila kapal yang ada itu kurang. Saya menugaskan khusus Dirjen Perhubungan Laut untuk bertugas di sana," ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Jakarta, Rabu (6/6).

Budi juga mengimbau agar para pemudik turun secara bersama-sama sehingga lebih aman.

Selain itu, Budi juga mengajak para pemudik yang akan menggunakan kapal untuk membeli tiket secara online, karena lebih mudah dan bisa dipertanggung jawabkan.

"Bagi mereka yang akan menggunakan ASDP di Pelabuhan Merak itu ada tiket online. Belilah tiket secara online, sehingga mereka tidak perlu mengantri dan langsung naik. Di sana akan disiapkan tempat jalur khusus sepeda motor dan jalur khusus naik mobil," tutur dia.

Kepada para pemudik yang akan menempuh rute darat, diinfokan bahwa jalur tol fungsional Brebes - Semarang akan dibuka mulai 8 Juni mendatang mulai pukul 6 pagi.

"Yang juga perlu diimbau adalah yang mudik dari Jakarta ke Jawa Tengah. Memang jalan tol Jakarta - Surabaya sudah jadi, tapi saya menganjurkan tidak harus menggunakan tol. Kemarin saya sudah cek bersama Menteri PUPR bersama Kapolda dan Kakorlantas, jalur tol fungsional sudah siap dan akan dibuka mulai hari Jumat pukul 6 pagi sudah bisa digunakan," tandas Budi.(chi/jpnn)


Budi juga mengajak para pemudik yang akan menggunakan kapal untuk membeli tiket secara online, karena lebih mudah dan bisa dipertanggung jawabkan.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News