Kemenhut Tak Akan Lepas Lahan Konservasi di Batam

Kemenhut Tak Akan Lepas Lahan Konservasi di Batam
Kemenhut Tak Akan Lepas Lahan Konservasi di Batam
JAKARTA - Persoalan ketidakjelasan status tanah di Batam kembali mengemuka. Sebab, ribuan warga Batam ternyata menempati lahan yang sebenarnya masih berstatus hutan lindung maupun kawasan konservasi.

Kementerian Kehutanan (Kemenhut) pun tak bisa serta-merta melepas lahan yang berstatus kawasan lindung maupun konservasi yang sudah terlanjur ditempati ribuan warga Batam itu. Kepala Pusat Informasi (Kapusinfo) Kemenhut, Sumarto Suharno menyatakan, sangat kecil kemungkinan lahan konservasi dilepaskan ke warga.

"Kalau untuk yang di kawasan hutan lindung, memang masih ada kemungkinan untuk dilepaskan. Tapi kalau yang di kawasan konservasi, memang kemungkinanya kecil, bahkan bisa dikatakan peluangnya tidak ada," kata Sumarto saat dihubungi Kamis (14/3) petang.

Dipaparkannya, Kemenhut pada era Menhut MS Kaban memang pernah membentuk Tim Terpadu untuk menginventarisir persoalan lahan di Batam. Hasilnya pun sudah ada. Hanya saja, katanya, tidak seluruh lahan yang sudah terlanjur ditempati warga bisa dialihkan peruntukannya.

JAKARTA - Persoalan ketidakjelasan status tanah di Batam kembali mengemuka. Sebab, ribuan warga Batam ternyata menempati lahan yang sebenarnya masih

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News