Kemenkes Siagakan Tenaga Kesehatan di Daerah Terpencil

Kemenkes Siagakan Tenaga Kesehatan di Daerah Terpencil
Foto: Kemenkes

jpnn.com - JAKARTA - Pelayanan kesehatan merupakan kebutuhan penting bagi masyarakat tanpa membedakan keberadaan wilayah. 

Di ibu kota, akses layanan dan tenaga medis cukup mumpuni. Namun, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) juga memandang penting tenaga medis di pulau terluar Indonesia. Mewujudkan kebutuhan tersebut, maka diperlukan penguatan akses pelayanan kesehatan di daerah. 

Untuk itu, Kemenkes mengirimkan 32 tenaga kesehatan (Nakes) yang tergabung dalam enam tim Nusantara Sehat. Program ini merupakan sebuah upaya peningkatan pelayanan kesehatan mencakup preventif, promotif, dan kuratif dengan melibatkan lima sampai sembilan tenaga kesehatan (dokter, dokter gigi, perawat, bidan, tenaga kesehatan masyarakat, tenaga kesehatan lingkungan, ahli laboratorium medik, tenaga gizi, dan tenaga kefarmasian) yang akan ditempatkan di pelosok nusantara.

Prioritas ini didasari oleh permasalahan kesehatan yang mendesak seperti angka kematian ibu dan bayi yang masih tinggi, angka gizi buruk, serta angka harapan hidup yang sangat ditentukan oleh kualitas pelayanan primer. 

Program Nusantara Sehat merupakan salah satu bentuk kegiatan yang dicanangkan oleh Kemenkes dalam upaya mewujudkan fokus kebijakan tersebut. Program ini dirancang untuk mendukung pelaksanaan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang diutamakan oleh Pemerintah guna menciptakan masyarakat sehat yang mandiri dan berkeadilan. 

Keenam tim Nusantara Sehat tersebut disambut Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Maluku Hasan Mulud, sebelum ditempatkan di Kepulauan Aru selama dua tahun.

Tim Nusantara Sehat ini nantinya akan mengabdi di Puskesmas terpencil yang berjarak sekitar 698 km dari Ambon ibu kota provinsi Maluku.

Dalam kesempatan tersebut Sekretaris Dinas Kesehatan menyampaikan bahwa akses menuju kepulauan Aru sudah cukup memadai dengan adanya rute penerbangan Ambon-Dobo. Namun, jumlah tenaga kesehatan yang ada masih sedikit sehingga peran tim Nusantara Sehat dibutuhkan untuk membantu pelayanan kesehatan di Kepulauan Aru.

JAKARTA - Pelayanan kesehatan merupakan kebutuhan penting bagi masyarakat tanpa membedakan keberadaan wilayah.  Di ibu kota, akses layanan dan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News