Kemenkes: Tamu Asian Games 2018 Wajib Imunisasi

Kemenkes: Tamu Asian Games 2018 Wajib Imunisasi
Menkes Nila Moeloek. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, PALEMBANG - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) punya cara mencegah masuknya penyakit ke Indonesia saat Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang, pada Agustus hingga September nanti. Apa itu? Aturan khusus imunisasi tamu asing.

Menteri Kesehatan Nila Moeloek mengatakan, pihaknya telah membicarakan hal ini dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Menpora). "Ini sebagai upaya penyebaran penyakit pada saat Asian Games mendatang," kata Nila usai Muktamar dengan tema Penguatan Kompetensi Dosen dan Fasilitas Pelayan Rumah Sakit di Ballroom Hotel Horison Ultima, Kota Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), Jumat (2/3).

Penyebaran penyakit eksternal dapat melalui mobilisasi penderita. Jadi jangan hanya menyalahkan Indonesia yang membawa penyakit. Bisa saja tamu yang membawa penyakit tersebut. "Jadi kami minta para tamu nantinya diimunisasi dulu sebelum ke Indonesia," ujar Nila.

Nantinya, Kemenkes juga mewajibkan setiap tamu memiliki sertifikat imunisasi sebagai bukti bahwa sudah dilakukan imunisasi. "Jangan hanya kami saja. Selama ini setiap kami keluar negeri harus punya sertifikat imunisasi. Nah, ini juga kami wajibkan bagi para tamu," tegas Nila.

Banyak penyakit yang dapat dibawa para tamu. Seperti virus onta yang berasal dari Timur Tengah. Kemudian difteri, campak dan lain sebagainya. "Pokoknya semua penyakit ini harus diwaspadai. Terutama virus onta. Jangan sampai virus ini sampai ke Indonesia," terangnya.

Terkait dengan fasilitas kesehatan (faskes), saat ini terus berkembang. Karena adanya Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) sehingga memicu faskes untuk terus berkembang dan harus siap. "Pokoknya baik rumah sakit primer, sekunder, semuanya harus siap. Terutama faskesnya. Sehingga dapat memberikan pelayanan terbaik," tutup Nila. (lim/jpc)


Kemenkes mewajibkan tamu Asian Games 2018 memiliki sertifikat imunisasi. Jadi nanti jangan hanya menyalahkan Indonesia, bisa saja tamu yang membawa penyakit.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News