Kemenkes & Tanoto Foundation Berkolaborasi Tingkatkan Kompetensi 1,5 Juta Kader Posyandu

Kemenkes & Tanoto Foundation Berkolaborasi Tingkatkan Kompetensi 1,5 Juta Kader Posyandu
Kemenkes & Tanoto Foundation berkolaborasi tingkatkan kompetensi 1,5 juta kader Posyandu. Foto dok. TF

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Tanoto Foundation (TF) berkolaborasi dalam program digitalisasi sistem dan pelatihan 1,5 juta kader posyandu.

Kader pos pelayanan terpadu (Posyandu) menjadi garda terdepan dalam penyediaan layanan kesehatan yang menjangkau hingga pelosok nusantara. Oleh karena itu, pemerintah berupaya meningkatkan kapasitas dan kapabilitas kader Posyandu.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin saat menerima kunjungan Tanoto Foundation baru-baru ini mengatakan kader posyandu adalah ujung tombak layanan kesehatan bagi masyarakat.

Dia berharap implementasi LMS (learning management system) dapat segera dilakukan secara nasional, sehingga para kader memiliki 25 keterampilan/kompetensi dasar.

Tanoto Foundation merupakan organisasi filantropi independen di bidang pendidikan dan kesehatan yang didirikan Sukanto Tanoto dan Tinah Bingei Tanoto pada 1981. Kolaborasi antara TF dan Kementerian Kesehatan di bidang peningkatan kapasitas kader posyandu dan akselerasi transformasi digital kesehatan telah dimulai sejak 2023.

Country Head Tanoto Foundation Indonesia Inge Kusuma mengatakan saat ini, semua 78 modul pelatihan kader posyandu sudah dimasukkan ke platform Plataran Sehat, yaitu sistem manajemen pembelajaran (learning management system) yang dimiliki oleh Kementerian Kesehatan. 

"Uji coba pelatihan dan penggunaan modul digital oleh kader posyandu sedang dijalankan di tiga kabupaten yang tersebar di Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, dan Jawa Barat,” ungkap Inge Kusuma dalam keterangannya, Minggu (10/3).

Sementara itu, percepatan transformasi digital kesehatan nasional melalui platform SATUSEHAT sangat penting untuk memastikan sistem manajemen data kesehatan nasional menjadi lebih komprehensif dan berkelanjutan.

Kemenkes & Tanoto Foundation berkolaborasi tingkatkan kompetensi 1,5 juta kader Posyandu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News