Kemenko PMK Pastikan Bantuan Pengungsi Rohingya Terkirim

Kemenko PMK Pastikan Bantuan Pengungsi Rohingya Terkirim
Presiden Joko Widodo saat melepas bantuan Indonesia untuk pengungsi Rohingya. Foto: source for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani memastikan bahwa bantuan pemerintah untuk pengungsi Rohingya di Bangladesh telah terkumpul dan dikirim Rabu (13/9).

“Kemenko PMK telah mengoordinasikan Kementerian dan Lembaga (K/ L) di jajarannya untuk bergotong royong menyiapkan bantuan,” katanya di Base Ops Lapangan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu, (13/9) saat mendampingi Presiden Joko Widodo melepas bantuan Pemerintah Republik Indonesia untuk pengungsi Rohingya.

Selain Menko PMK, tampak mendampingi Presiden adalah Menlu Retno Marsudi, Mensesneg Pratikno, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, KSAU Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Kepala BNPB Willem Rampangilei.

Bantuan hasil gotong royong ini adalah dari Kementerian Kesehatan menyumbang obat-obatan satu ton, makanan pendamping ASI empat ton dan makanan tambahan ibu hamil empat ton. Sementara BNPB yang juga di bawah koordinasi Kemenko PMK, mengirim bantuan tenda, makanan siap saji, pakaian, selimut.

Di luar itu, Bulog dan Asosiasi Pemerintah Provinsi, masing-masing membantu sepuluh ton beras. Sementara, TNI berkontribusi lewat alat transportasi pengangkut.

"Pengiriman bantuan tersebut adalah bagian dari diplomasi Pemerintah Indonesia dalam ikut serta mendorong penyelesaian krisis Rohingya di Myanmar,” ucap Puan.

Untuk tahap pertama, bantuan yang diangkut empat Hercules TNI AU itu jumlahnya sebanyak 34 ton. Bantuan tersebut akan sampai di bandara terdekat dengan pengungsian. Pemerintah sendiri akan mengirimkan beberapa tahap bantuan untuk pengungsi Rohingya.

Pekan ini merupakan tahap pertama, dan minggu mendatang akan dilakukan tahap kedua. Bantuan yang diberikan pemerintah Indonesia ini total mencapai 90 ton. Bantuan tersebut dihimpun dari K/ L, LSM, Ormas, dan swasta.

Pengiriman bantuan tersebut adalah bagian dari diplomasi Pemerintah Indonesia dalam ikut serta mendorong penyelesaian krisis Rohingya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News