Kemenko PMK Terus Tingkatkan Kerja Sama Cegah Pandemi

Kemenko PMK Terus Tingkatkan Kerja Sama Cegah Pandemi
Pertemuan Koordinasi dan Penyusunan Rencana Kerja Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Berpotensi Pandemi, di Jakarta, Rabu (5/9). Foto: dok. Humas Kemenko PMK

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) membangun kerja sama dengan berbagai pihak dalam mengatasi bahaya pandemi.

Deputi Peningkatan Kesehatan Kemenko PMK Sigit Priohutomo mengatakan, pihaknya kini terus waspada dan meningkatkan kesiapsiagaan agar Indonesia tak terkena pandemi.

Karena, kata dia, pandemi sangat bahaya dan berdampak pada aspek ekonomi dan ketahanan negara.

Dia mengatakan, agar hal itu bisa diatasi, maka koordinasi lintas sektoral harus dilaksanakan dengan baik.

“Kemenko PMK telah menjalin kerja sama dengan lintas kementerian atau lembaga, perguruan tinggi, lembaga penelitian, pemerintah daerah, hingga badan-badan internasional seperti WHO, dan FAO terkait ancaman pandemi,” ujar dia di kantornya, Rabu (5/9).

Kemudian, Kemenko PMK juga menjalin hubungan bilateral dan multilateral melalui kerja sama kemitraan dengan USAID, DFAT-Australia dan aktif dalam gerakan Global Health Security.

“Tujuannya untuk pencegahan, pendeteksian, dan respons terhadap penyakit baru yang berpotensi pandemi,” imbuh dia.

Dalam kesempatan yang sama, USAID Deputy Mission Director Ryan Washburn mengatakan, sejauh ini apa yang dilakukan Indonesia sudah sangat baik agar pandemi bisa dicegah.

Namun, masih diperlukan komitmen lebih lanjut guna memastikan sistem tersebut dapat terus berjalan dengan baik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News