Kemenkumham dan PNM Bekerja Sama Supaya UMKM Naik Kelas

Kemenkumham dan PNM Bekerja Sama Supaya UMKM Naik Kelas
Staf Khusus Menteri Hukum dan HAM, Bane Raja Manalu menjelaskan tentang pentingnya merek bagi UMKM. Foto: Dok Kemenkumham

jpnn.com, JAKARTA - Kemenkumham berkolaborasi dengan Permodalan Nasional Madani (PNM) untuk membantu membina UMKM dalam hal permodalan.

Staf Khusus Menteri Hukum dan HAM, Bane Raja Manalu menyebut Kemenkumham akan melindungi dari segi hukum, sertifikat merek, dan Kekayaan Intelektual.

Di sisi lain PNM dari segi permodalan UMKM.

Hal itu diungkapkan Bane dalam sosialisasi Kekayaan Intelektual bagi kaum emak-emak PNM Mekaar yang diselenggarakan di Hotel Singgie, Kota Tanjung Balai, Sumatera Utara, Jumat (26/8).

Turut hadir dalam acara tersebut pimpinan PNM Pematang Siantar Yanri dan sekitar 200 peserta perempuan.

"Presiden Jokowi telah banyak membuat program untuk memajukan dan mengembangkan UMKM. Salah satunya adalah dalam membuat Perseroan Perorangan," ungkap Bane.

Menurut dia, Perseroan Perorangan bisa memudahkan masyarakat, khususnya pelaku UMKM untuk berkembang dan mendapatkan akses permodalan.

Dia menjelasakan hal itu sama dengan program PNM yang membuat kemudahan memperoleh modal kepada kaum ibu-ibu.

Staf Khusus Menteri Hukum dan HAM, Bane Raja Manalu berkolaborasi dengan Permodalan Nasional Madani (PNM) untuk membantu membina UMKM dalam hal permodalan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News