KemenPAN-RB Susun Model Kabinet Ideal untuk Capres Terpilih

KemenPAN-RB Susun Model Kabinet Ideal untuk Capres Terpilih
KemenPAN-RB Susun Model Kabinet Ideal untuk Capres Terpilih

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) saat ini tengah menyusun model organisasi pemerintah pusat yang ideal. Model tersebut nantinya akan jadi rekomendasi untuk penguatan kelembagaan dan ketatalaksanaan.

Rekomendasi ini diharapkan akan memberikan pertimbangan kepada presiden terpilih (2014-2019) mendatang tentang kementerian dan lembaga yang diperlukan.

"Kami sedang menyusun Machinery of Government (MoG). Nantinya dari penyusunan ini akan dperoleh rekomendasi arsitektur kabinet baru yang ideal," ungkap MenPAN-RB Azwar Abubakar, di Jakarta, Rabu (2/7).

Dengan MoG, tambahnya, presiden baru akan lebih mudah menyusun kabinetnya. Sebab selama ini, banyak lembaga yang fungsinya hampir sama sehingga sering berbenturan dengan kementerian.

"Struktur organisasi yang terlalu gemuk akan menyita banyak anggaran negara. Karena itu MoG akan menjadi patokan presiden yang baru dalam menyusun kabinetnya," terangnya.

Dia berharap, Oktober mendatang MoG-nya sudah dapat diselesaikan sehingga bisa digunakan oleh presiden terpilih. (esy/jpnn)


JAKARTA - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) saat ini tengah menyusun model organisasi pemerintah pusat


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News