Kemenpar Pasarkan Investasi Wisata hingga Prancis

Kemenpar Pasarkan Investasi Wisata hingga Prancis
Menpar Arief Yahya. Foto: Dok JPNN

jpnn.com - CANNES - Kementrian Pariwisata (Kemenpar) memaksimalkan promosi saat menghadiri Cannes di Prancis selatan timur, acara yang bukan hanya agenda tahunan Festival Film terbesar dunia. 

Cannes juga menjadi tempat promosi investasi di bidang properti dan pariwisata. Namanya The World’s Property Market pada 15-18 Maret 2016, di Palais des Festival Cannes, Prancis.

Dalam acara yang dihadiri lebih dari 21.400 ribu orang, 3.600 CEO and chairman, 2.450 perusahaan, 4.800 investor, 380 wartawan, dan 370 pemimpin politik. 

"Wonderful Indonesia juga tampil di arena business investmen itu, hasilnya lumayan banyak yang minat," kata Menpar Arief Yahya, seperti dikutip dari keterangan resminya, Sabtu.

Menpar menjelaskan country branding naik 10 persen, pariwisata naik 11 persen, investasi naik 2 persen. Jadi, makin tinggi branding, makin diminati. 

Dalam paparannya, jumlah kunjungan Wisman 2015 tercapai 10,4 juta, naik 10,3 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya 9,4 juta. Capaian Indonesia itu cukup besar dibandingkan Malaysia yang drop 15,7 persen, Singapura naik 0,9 persen, ASEAN naik 5,1 persen, turis dunia naik 4,4 persen. 

"Pertumbuhan Indonesia sangat bagus jika dibandingkan dengan rata-rata global dan beberapa negara terdekat," kata Arief. 

Angka itu, kata Arief, sebenarnya masih jauh dari harapannya. Sayang, terlalu banyak ganggung alam dan isu sosial politik seperti teroris yang membuat target internal 12 juta belum tersentuh. Namun angka itu menunjukkan bahwa opportunity di bisnis pariwisata semakin menjanjikan. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News