Kemenparekraf Punya Program Khusus untuk Startup Pengembang Game Online, Sandiaga Bilang Begini

Kemenparekraf Punya Program Khusus untuk Startup Pengembang Game Online, Sandiaga Bilang Begini
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno di Batam. Foto: dok Kemenpar

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) tengah berupaya mendorong tumbuhnya ekosistem startup yang fokus pada pengembangan game online.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, besarnya peluang startup game di Indonesia bisa menjadi solusi untuk memajukan industri kreatif sekaligus memulihkan ekonomi nasional.

Menurutnya, sejauh ini pihaknya telah memberikan dukungan terhadap perkembangan pelaku UMKM yang berkecimpung di dunia game. Ada program khusus dari kementerian yang bisa membantu pelaku usaha tersebut.

"Kami kebetulan punya program Baparekraf Developer Day, oleh karena itu kami akan meningkatkan keterampilan dari teman-teman khususnya di sisi develop aplikasi dan game juga," kata Sandiaga dalam keterangan tertulis, Jumat (21/5/2021).

"Jadi nantinya bukan hanya bisa masuk dalam platform online tetapi juga adalah konten," sambungnya.

Lebih lanjut, Sandiaga juga melihat perkembangan e-Sport di Indonesia semakin pesat. Sebagai salah satu orang yang aktif di sektor tersebut, ia mengatakan ada banyak hal yang bisa digarap.

"Yang menarik, saya aktif di e-Sport, di e-Sport ini selain menarik daripada game, ada komentatornya, juga ada dari segi cara bermainnya dengan trik-triknya dimasukkan ke YouTube," terang Sandiaga.

Oleh karena itu, untuk membangun iklim startup game, Sandiaga menekankan pada peningkatan keterampilan.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) tengah berupaya mendorong tumbuhnya ekosistem startup yang fokus pada pengembangan game online.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News