Kemenperin: Masa Depan Industri MRO Cerah

Kemenperin: Masa Depan Industri MRO Cerah
Saleh Husin. Foto: dok jpnn

jpnn.com - JAKARTA --‎Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin mengungkapkan potensi bisnis industri maintenance, repair, and overhaul (MRO) di Indonesia sangat besar. Diperkirakan bisnis MRO di dalam negeri saat ini nilainya mencapai USD 920 juta. 

Dalam empat tahun ke depan, Saleh estimasi kenaikan nilai industri ini mencapai USD 2 miliar. “Untuk itu, kami tengah mendorong peningkatan kapasitas maupun kapabilitas industri MRO di Indonesia,” ujar Menteri Saleh, Kamis (21/4).

Dikatakannya, sejak peraturan pemerintah mengenai industri jasa penerbangan di Indonesia mulai dilonggarkan pada 2000, pertumbuhan jasa penerbangan melonjak tajam dalam satu dekade terakhir di Indonesia. “Sejumlah industri penerbangan saat ini bersaing ketat merebut pasar domestik dan regional,” ungkapnya.

Menurutnya, Indonesia dengan  jumlah penduduk 250 juta dan wilayah cukup strategis, membutuhkan sarana transportasi udara untuk mendukung konektifitas antar pulau dan wilayah.

“Wilayah Indonesia mencakup‎ sebaran lebih dari 17.000 pulau, membentang sepanjang 5.200 km dari timur ke barat dan 2.000 km dari utara ke selatan. Hal ini menjadi pasar  potensial bagi para investor dunia untuk membangun industri penerbangan di Indonesia,” papar Menperin. (esy/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News