Kemenpora Gelar FGD Kirab Pemuda 2018, Ini Harapannya

Kemenpora Gelar FGD Kirab Pemuda 2018, Ini Harapannya
Suasana Kirab Pemuda di Kota Blitar, Jawa Timur. Foto: Asdep Kepemudaan Kemenpora for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Ajang Kirab Pemuda akan kembali bergulir di 2018 ini. Kegiatan ini diharapkan mampu lebih mewah dan meriah lagi dibandingkan tahun 2017 lalu.

Lebih muluk lagi, Kemenpora berharap gaung Kirab Pemuda bisa mengalahkan Asian Games dan Asian Para Games 2018.

“Tahun ini ada Asian Games dan Asian Para Games, tapi Kirab Pemuda 2018 harus lebih bergaung. Harus lebih banyak media yang meliput. Juga bisa viral di media sosial,” kata Deputi Pemberdayaan Pemuda Kemenpora Faisal Abdullah saat membuka Focus Group Discussion (FGD) Kirab Pemuda 2018 di Mataram, NTB, Selasa (24/4) malam.

Dia menegaskan, Pelaksanaan Kirab Pemuda 2018 juga harus lebih baik dari tahun lalu yang diakui masih banyak kekurangan.

“Jadi konsep pelaksanaannya harus diperbaiki dan ini yang kita harapkan muncul dan dibahas lewat FGD ini. Misalnya peserta kirab jangan lagi menginap di hotel, tapi di homestay atau di rumah warga sehingga bisa berbaur. Pemuda daerah harus lebih dilibatkan jangan hanya dijadikan penonton,” tambah Faisal yang didampingi Staf Khusus Menpora Bidang Komunikasi dan Kemitraan Zainul Munasichin, Asisten Deputi Bidang Peningkatan Kreativitas Pemuda pada Deputi 1 Djunaidi, dan Kadispora NTB Husnanidiaty Nurdin.

Kirab Pemuda 2018 akan digelar mulai Agustus 2018 namun proses perekrutan peserta inti nasional dan peserta di daerah bakal dimulai pada Mei sampai Juli 2018.

Dalam kegiatan ini, para pemuda terbaik perwakilan 34 provinsi akan berkeliling ke seluruh provinsi di Tanah Air yang dibagi dua zona, dengan menggelar berbagai kegiatan. Kirab Pemuda digelar untuk menyemangati seluruh pemuda di Tanah Air agar memiliki wawasan kebangsaan, meningkatkan kapasitas dan daya saing sehingga bisa menyongsong masa depan yang cerah.

Asisten Deputi Bidang Peningkatan Kreativitas Pemuda, Djunaidi menjelaskan bahwa dalam FGD kali ini dibahas hal-hal penting dan umum terkait Kirab Pemuda 2018. Seperti penentuan jalur Kirab Pemuda 2018, tupoksi antara pusat dan daerah serta strategi branding pengenalan Kirab. (dkk/jpnn)


Ajang Kirab Pemuda akan kembali bergulir di 2018 ini. Kegiatan ini diharapkan mampu lebih mewah dan meriah lagi dibandingkan tahun 2017 lalu.


Redaktur & Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News