Kemenpora Serukan Perdamaian Dunia di ICABY 2018

Kemenpora Serukan Perdamaian Dunia di ICABY 2018
Suasa pembukaan International Conference on ASEAN Buddhist Youth (ICABY) di Auditorium UGM Yogyakarta, Minggu (27/5) sore.

jpnn.com, JOGJA - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengajak pemuda Indonesia melakukan perubahan untuk terciptanya perdamaian dan toleransi di Indonesia maupun dunia.

Seruan itu disampaikan Kemenpora pada acara International Conference on ASEAN Buddhist Youth (ICABY) pada 27-30 Mei 2018 di Yogyakarta dan Magelang, Jawa tengah.

Kegiatan dalam rangka memperingati Hari Raya Waisak 2562 itu bekerjasama dengan Kementerian Agama Republik Indonesia dan Walubi (Perwakilan Umat Buddha Indonesia).

“Konferensi ini sekiranya mampu menstimulan pemuda untuk turut andil dalam mengokohkan fondasi toleransi dan perdamaian dunia. Selain itu, secara tidak langsung juga dapat membantu merubah stigma negatif paska kejadian terorisme beberapa pekan terakhir, bahwa Indonesia terkendali dan mereka dapat beribadah serta menimba ilmu dengan aman,” ujar Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda, Faisal Abdullah.

Faisal mengatakan, Kemenpora sebagai penyelenggara konferensi internasional bertema Fostering World Peace among Religious Community  ini, sengaja memilih tempat di kota Yogyakarta. 

Sebab, Yogyakarta dikenal mempunyai beragam potensi budaya, keragaman agama, kota toleran dan penuh dengan keramahan. Jogja juga disebut kota pelajar, karena kualitas pendidikan, ratusan perguruan tinggi dan universitas yang megah dan berkualitas.

Deputi mengungkapkan, Indonesia juga merupaan negara paling heterogen di dunia. Sebuah negara kepulauan dengan 17,000 pulau-pulau yang terbentang di sepanjang garis khatulistiwa, dihuni sekitar 1.340 etnis, 6 agama, dan ada lebih dari 2.500 bahasa yang digunakan. 

Karena itu, Indonesia terus membangun dialog antar peradaban, dialog antar agama, dialog antar media, dialog antar generasi muda. Dengan demikian diharapkan satu sama lain makin mengenal, semakin dekat, dan akhirnya bersatu untuk memelihara perdamaian dunia.

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengajak pemuda Indonesia melakukan perubahan untuk terciptanya perdamaian dan toleransi di Indonesia maupun dunia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News