Kemenpupera akan Gesa Pembangunan Lima Flyover untuk Dukung Jalan Tol

Kemenpupera akan Gesa Pembangunan Lima Flyover untuk Dukung Jalan Tol
Kemenpupera akan bangun lima flyover untuk mendukung jalan tol di Batam, Kepri. Foto: batampos/jpg

jpnn.com, BATAM - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) akan terus menggesa pembangunan jalan tol dan flyover di Batam, Kepulauan Riau.

Setelah flyover Simpangjam dan Simpangkabil, maka akan dibangun lagi flyover Simpangpunggur, flyover simpang KDA dan flyover Jalan Sudirman.

"Itu memang rencana besar infrastruktur di Batam. Karena jalan tol direncanakan akan dibangun, maka flyover juga harus dibangun," Kata Kepala Satuan Kerja (Kasatker) Flyover Simpangjam, Andre Sahat Tua Sirait kepada Batam Pos (Jawa Pos Group), Minggu (26/8).

Setelah flyover Simpangjam sepanjang 165 meter selesai pada akhir 2017 nanti, maka Kementerianpupera akan melanjutkannya dengan pembangunan flyover Simpangkabil sepanjang 430 meter, diteruskan dengan flyover Simpangpunggur sepanjang 310 meter, kemudian flyover Simpang KDA sepanjang 123 meter, lalu flyover Jalan Sudirman sepanjang 150 meter.

Dari kelima flyover tersebut, flyover Simpangjam ditargetkan akan selesai tahun ini. Saat ini progres konstruksinya telah mencapai 68 persen. Pembangunannya dimulai sejak akhir 2015 dengan anggaran sebesar Rp 180 miliar.

Namun Andre belum mengetahui secara pasti kapan tiga flyover terakhir akan dibangun di Batam.

"Memang sudah masuk dalam Peraturan Presiden (Perpres), namun masih dalam tahapan kajian. Ya kita lihat saja nanti kedepannya, karena memang rencananya begitu," ujarnya.

Sedangkan pembangunan flyover Simpangjam akan digesa pembangunannya agar tepat waktu sesuai jadwal pada akhir tahun nanti. "Kami akan mulai bangun lagi pada 6 Juli nanti," terangnya.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) akan terus menggesa pembangunan jalan tol dan flyover di Batam, Kepulauan Riau.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News