JPNN.com

Kemenristek Dikti Klaim Banyak Lampaui Target

Senin, 28 Desember 2015 – 18:33 WIB
Kemenristek Dikti Klaim Banyak Lampaui Target - JPNN.com
Menristek Dikti Mohamad Nasir. Foto : dok jpnn

JAKARTA--‎Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristek Dikti) mengklaim 60 persen lulusan perguruan tinggi (PT) langsung bekerja. Hal ini menurut Menristek Dikti Mohamad Nasir, melebihi target yang ditetapkan pemerintah yakni hanya 50 persen.

"Setahun ini banyak capaian Kemristek Dikti‎ melebihi target. Ini menunjukkan kami bekerja serius," kata Nasir dalam refleksi akhir tahun di Kantor Kemristek Dikti, Senin (28/12).

Dia menyebutkan beberapa keberhasilan Kemristek Dikti di antaranya sejumlah program studi memperoleh akreditasi internasional, dua perguruan tinggi Indonesia memperoleh peringkat 500 besar universitas kelas dunia, beberapa keahlian bidang ilmu di perguruan tinggi memperoleh peringkat 200 besar program studi kelas dunia. Nasir menyontohkan pertanian di IPB rangking 150 dunia.

Di samping itu, angka partisipasi kasar (APK) pendidikan tinggi tahun 2015 sudah 34,42 persen, melebihi target 27 persen yang dicanangkan pemerintah.

"Yang menggembirakan 75 persen lulusan PT memperoleh IPK di atas 2,75. Dan 60 persen dari lulusan langsung memperoleh pekerjaan. Ini membuktikan, lulusan PT kita bisa bersaing dalam persaingan global nanti," tandasnya. (esy/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
adil