Kemenristekdikti Targetkan Citarum Harum dalam 7 Tahun

Kemenristekdikti Targetkan Citarum Harum dalam 7 Tahun
Salah satu bagian Sungai Citarum yang dipenuhi sampah. Foto: Radar Bandung/JPG

jpnn.com, BANDUNG - Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) menargetkan dalam tujuh tahun ke depan Sungai Citarum bisa bersih. Salah satu upaya yang dilakukan adalah lewat program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Citarum Harum.

Menurut Menristekdikti Mohamad Nasir, KKN Citarum Harum melibatkan seluruh perguruan tinggi Jawa Barat dan DKI Jakarta.

"Waktunya 7 tahun, tapi dalam 2 tahun ini kami harapkan ada kemajuan signifikan," ujar Menteri Nasir di Kampus Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung, Kamis (3/5).

Menurut Nasir, pihaknya sudah koordinasikan program ini kepada seluruh rektor perguruan tinggi negeri (PTN) dan swasta (PTS) se Jawa Barat dan DKI Jakarta.

Mekanismenya seluruh PTN dan PTS dibagi dalam kapling-kapling mulai hulu, tengah dan hilir. Kemudian akan ada clustering sesuai wilayah masing-masing.

"Nanti KKN kan satu bulan sampai dua bulan. Nah itu harus jalan terus, gantian, sustainability. Yang kami lihat dalam KKN nanti akan ada pendampingan serta edukasi kepada masyarakat, dan inovasi dari perguruan tinggi juga harus diimplementasikan ke masyarakat," terangnya.

Yang tak kalah penting, sambungnya, bagaimana agar ekonomi masyarakat bisa turut meningkat. Sehingga, masyarakat tak lagi tergantung pada pemanfaatan sampah. (esy/jpnn)


Kemenristekdikti menargetkan dalam tujuh tahun ke depan Sungai Citarum bisa bersih


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News