Kemensos Tingkatkan Koordinasi Perbaikan Data untuk Percepatan Bantuan

Kemensos Tingkatkan Koordinasi Perbaikan Data untuk Percepatan Bantuan
Kemensos meningkatkan koordinasi perbaikan data untuk melakukan percepatan bantuan sosial. Foto: Humas Kemensos

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Sosial (Kemensos) mendorong pemerintah daerah untuk mempercepat perbaikan data yang menjadi basis penentuan sasaran bantuan tunai.

Menteri Sosial Tri Rismaharini mengatakan, percepatan perbaikan data diperlukan untuk mengejar target penyaluran bantuan tunai Maret dan April depan.

“Kemensos bekerja intensif mendorong perbaikan data dengan berkoordinasi dengan daerah, sehingga diharapkan bantuan segera bisa sampai dan tepat sasaran,” kata Mensos Risma usai mengikuti Rapat Terbatas bersama Presiden Joko Widodo dan sejumlah menteri, di Istana Negara, Jakarta (17/3).

Risma menyebutkan, tahun ini pemerintah melalui Kementerian Sosial RI menyalurkan tiga bantuan tunai.

Dia memerinci, Program Keluarga Harapan (PKH) untuk 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)/Program Sembako untuk 18,8 juta KPM, dan Bantuan Sosial Tunai (BST) untuk 10 juta KPM.

Pada ratas tersebut, Risma mengaku terus berkoordinasi dan mendorong daerah memenuhi kuota data.

“Beberapa bulan terakhir, kami lakukan perbaikan dan evaluasi data dengan daerah, bank penyalur, maupun PT Pos Indonesia. Hasilnya, saat ini kami temukan jumlah sasaran BPNT/Program Sembako sebanyak 13.228.513 KPM, PKH sebanyak 8.907.446 KPM, dan BST 8.428.327 KPM,” kata dia.

Mensos menyatakan, beberapa daerah belum 100 persen memadankan data Kemensos dengan kependudukan, sehingga ada ketidaksesuaian. Risma menyebut mempercepat sinkronisasi data dengan melakukan jemput bola.

Kemensos meningkatkan koordinasi perbaikan data untuk melakukan percepatan bantuan sosial.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News