Jumat, 15 Desember 2017 – 02:06 WIB

Kementan Berupaya Mengembangkan Tanaman Lewat Bioprospeksi

Rabu, 06 Desember 2017 – 19:33 WIB
Kementan Berupaya Mengembangkan Tanaman Lewat Bioprospeksi - JPNN.COM

jpnn.com, MALANG - Kementerian Pertanian menggelar acara Workshop bertajuk Perlindungan Varietas Tanaman Goes to Campus di Universitas Brawijaya, Malang, Rabu (6/12).

Dalam sambutannya, Kepala Balitbang Kementan Muhammad Syukur mengatakan, pihaknya tengah mengembangkan upaya pemanfaatan tanaman melalui Bioprospeksi.

Bioprospeksi adalah kegiatan eksplorasi materi hayati untuk mendapatkan bahan genetik dan sifat-sifat biokimia yang bernilai komersial.

“Upaya ini diarahkan untuk mendapatkan senyawa terutama metabolit sekunder baru. Bioproduk yang diperoleh terutama terkait dengan produk biopharmaca yang mempunyai nilai ekonomi tinggi. Kegiatan ini kami lakukan dengan menggunakan biosains dan bioenginering," kata M Syukur dalam sambutannya.

Dia menjelaskan, seminar ini membahas upaya penataan pengembangan plasma nutfah dan varietas lokal Indonesia. Dia mengharapkan, banyak pihak dapat merumuskan langkah-langkah yang harus dilakukan Indonesia dalam menata plasma nutfah untuk kegiatan ekonomi.

"Indonesia sudah sangat berpengalaman dalam pemanfaatan plasma nutfah, baik itu langsung tanpa memperhatikan sifat genetik seperti pengalaman dengan rempah, serta upaya pemanfaatan keunggulan genetik dengan kearifan lokal dan pemuliaan," kata dia.

Syukur menambahkan, Balitbang kini mengembangkan tebu POJ 2878, VUB Padi Ciherang Aromatik, Jeruk Medan tanpa biji, dan pengembangan varietas amphibi untuk laha sawah dan kering.

"Dari berbagai pengalaman swlama ini terlihat bila dikelola dengan baik, akan memberikan manfaat nyata bagi ketahanan pangan dan perekonomian nasional. Ke depan, upaya pemafaatan tanaman lokal perlu ditingkatkan baik melalui perakitan varietas unggul, bioprospeksi, maupun hilirisasi produk," kata dia.

SHARES
TAGS   Kementan
loading...
loading...
Komentar