Kementan dan Dinas Ketahanan Pangan Sulsel Bersinergi Kembangkan Sagu, Ini Tujuannya

Kementan dan Dinas Ketahanan Pangan Sulsel Bersinergi Kembangkan Sagu, Ini Tujuannya
Direktur Jenderal Perkebunan Kementan Andi Nur Alam Syah saat berbicara di acara talk show 'Diversifikasi Pangan Lokal Sagu' yang diselenggarakan dalam memperingati Hari Jadi ke-353 Sulsel secara hiybrid di Makassar, Jumat (21/10). Foto: Dokumentasi Humas Kementan

jpnn.com, MAKASSAR - Kementerian Pertanian (Kementan) bersama Dinas Ketahanan Pangan (Dinas Ketapang) Sulawesi Selatan bersinergi dalam mengembangkan diversifikasi pangan lokal sagu guna menghadapi krisis pangan dunia.

Direktur Jenderal Perkebunan Kementan Andi Nur Alam Syah menyampaikan dampak perubahan iklim ekstrem dan ketegangan geopolitik Rusia-Ukraina menyebabkan persoalan dalam pasokan pangan.

Karena itu, kata Dirjen Andi, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) bertekad agar Indonesia mampu mewujudkan ketahanan pangan nasional melalui pangan lokal.

Salah satunya sagu yang dapat dijadikan sebagai bahan pangan alternatif pengganti beras dan tepung terigu sehingga tidak bergantung pada komoditi yang selama ini impor.

"Potensi sagu nasional dan khususnya di Sulsel perlu diintervensi dengan beberapa strategi khusus sehingga pengembangannya dari hulu ke hilir benar-benar terbangun untuk mendukung kemandirian pangan," ujarnya pada talk show 'Diversifikasi Pangan Lokal Sagu' yang diselenggarakan dalam memperingati Hari Jadi ke-353 Sulsel secara hiybrid di Makassar, Jumat (21/10).

Potensi pengembangan sagu sangat besar karena hingga saat ini tercatat areal sagu nasional 5,5 juta hektare dan areal yang termanfaatkan atau areal budidaya baru sekitar 3,5 persen atau 200,85 ribu hektare.

Sementara itu, ekspor sagu nasional 2021 mencapai 13.190 ton yang nilainya USD 2,47 juta.

"Di Sulsel, kami akan bangun industri pengolahan sagu dengan melibatkan perguruan tinggi dan pelaku usaha," kata Dirjen Andi Nur Alam Syah.

Sejumlah strategi khusus disiapkan Kementan yang bersinergi dengan Dinas Ketahanan Pangan Sulsel dalam mengembangkan sagu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News