Kementan Dorong Pangan Sehat dan Halal

Kementan Dorong Pangan Sehat dan Halal
Gedung Kementerian Pertanian. Foto IST

jpnn.com, JAKARTA - Badan Karantina Pertanian (Berantan) Kementerian Pertanian (Kementan) terus mendorong ketersediaan pangan yang aman, sehat, utuh dan halal (ASUH).

Komitmen ini disampaikan saat Kementan menggelar diskusi bertajuk 'Barantan Terus Kembangkan Instrumen Pengawasan Pangan ASUH' di Gedung Kementan, Jakarta Selatan, Jumat (4/1).

Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementan Agung Hendriardi mengatakan, pihaknya mengedepankan tiga hal dalam menjaga pangan agar ASUH.

"Humanware, hardware dan software," kata Agung.

Agung menjelaskan, humanware adalah keterampilan yang dilakukan pihak terkait untuk terus melakukan peningkatan pengawasan peredaran pangan.

Sementara hardware adalah upaya untuk meningkatkan pengawasan peredaran pangan secara berkelanjutan. Sedangkan software, yaitu regulasi yang diterapkan atau tacking sistem daripada peredaran pangan.

"Itu upaya-upaya yang kami lakukan)," pungkas mantan Kabiro Humas Kementan ini.

Dalam acara ini turut hadir sejumlah pejabat Kementan. Di antaranya Kepala Pusat Karantina Hewan dan Keamanan Hayati Hewani Barantan Agus Sunanto, Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Masyarakat Hewan Bengkulu Nopiyeni dan Kepala Pusat Kepatuhan, Kerja Sama dan Informasi Barantan Arifin Tasriff.

Kementerian Pertanian (Kementan) mengedepankan tiga hal dalam menjaga pangan agar aman, sehat, utuh dan halal (ASUH).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News