Kementan Dukung Pengembangan Bisnis Ternak di Kalteng

Kementan Dukung Pengembangan Bisnis Ternak di Kalteng
Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementerian Pertanian (Kementan) Dedi Nursyamsi melakukan kunjungan kerja di Provinsi Kalimantan Tengah. Foto: Source for JPNN

jpnn.com, PALANGKARAYA - Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementerian Pertanian (Kementan) Dedi Nursyamsi melakukan kunjungan kerja di Provinsi Kalimantan Tengah.

Dia mendatangi Kelompok Usaha Bersama (KUB) Karanggan Milenial, di Kecamatan Pahandut, Kota Palangkaraya, Minggu (10/12).

Kehadiran Dedi bersama Tim BPPSDMP di Kalimantan Tengah, merupakan rangkaian dari kegiatan Pembinaan Penyuluh yang akan digelar Senin (11/12) dan dihadiri Menteri Pertanian Amran Sulaiman.

Rombongan BPPSDMP diterima Ketua KUB Karanggan Milenial Sentot Triono, yang menjelaskan usahanya bergerak di bidang peternakan.

Sentot menjelaskan jenis ternak jawa randu sebagian besar dipasarkan sebagai kambing akikah.

“Karena jenis jawa randu ini tidak terlalu besar dengan berat rata rata sekitar 30 kg, sehingga cocok untuk kambing akikah. Pakan ternak menggunakan ampas tahu yang dipasok pabrik tahu di sekitar wilayah peternakan KUB," kata dia.

Sementara Kepala BPPSDMP Dedi Nursyamsi dalam kunjungan itu memberikan motivasi dan tip dalam menjalankan agribisnis ternak.

"KUB ini termasuk masih pemula tetapi punya potensi untuk berkembang, yang harus dikuasai antara lain pakan, pengendalian penyakit, dan pemilihan bibit pejantan" katanya.

Kepala BPPSDMP Dedi Nursyamsi dalam kunjungan itu memberikan motivasi dan tip dalam menjalankan agribisnis ternak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News