Kementan Gelar Bimtek Jurnalistik Bagi SDM di Sektor Pertanian

Kementan Gelar Bimtek Jurnalistik Bagi SDM di Sektor Pertanian
Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi. Foto: Dok Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pertanian menggelar pelatihan Bimbingan Teknik Penulisan dan Fotografi untuk memberikan nilai tambah tersendiri bagi ekosistem sumber daya manusia di sektor pertanian.

Kegiatan tersebut digelar disela-sela koordinasi pimpinan kelembagaan penyuluh kabupaten lokasi IPDMIP Regional 1 dan Pendampingan Koordinasi Petani di Lokasi Food Estate Kabupaten Sumba Tengah.

Wakil Redaktur Pelaksana Kompas Andreas Maryoto dan Kepala Desk Foto Kompas Demitrius Wisnu Widiantoro menjadi pembicara dalam bimbingan teknis tersebut.

Teknik penulisan dan pengambilan foto ini dinilai sangat berkaitan dengan para penyuluh di lapangan untuk melaporkan perkembangan program.

"Tentu dengan dibekali keilmuan jurnalistik, mereka akan lebih maksimal dari sisi membuat report program sampai bagaimana mengambil foto yang bagus di lapangan," kata Panitia Penyelenggara Kegiatan, Zuroqi Mubarok, Sabtu (23/10).

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi mengapresiasi kegiatan ini.

"Peran Jurnalistik tidak hanya menyajikan data dan fakta, namun informasi yang disebar luaskan harus memberi rasa atau memberi kepercayaan kepada publik," ujar Dedi.

Dia berharap peserta bimbingan teknis ini mampu menyusun narasi dengan bahasa yang mudah dicerna masyarakat.

Kementerian Pertanian menggelar pelatihan Bimbingan Teknik Penulisan dan Fotografi untuk memberikan nilai tambah tersendiri bagi ekosistem sumber daya manusia di sektor pertanian.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News