Kementan Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas UMKM Jalur Investasi

Kementan Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas UMKM Jalur Investasi
Sekolah Menengah Kejuruan Pertanian Pembangunan Negeri Banjarbaru sebagai salah satu dari PPIU Program YESS menggelar pelatihan Peningkatan Kapasitas UMKM Jalur Investasi di 2023. Foto: Kementan

jpnn.com, BANJARBARU - Kementerian Pertanian (Kementan) terus mendukung penumbuhan petani milenial yang andal dan melahirkan wirausahawan milenial dari sektor pertanian.

Kementan bersama dengan International Fund for Agricultural Development (IFAD) berupaya menciptakan wirausaha milenial tangguh dan berkualitas melalui Program Youth Enterpreneurship and Employment Support Services (YESS).

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menaruh perhatian tinggi terhadap pengembangan kualitas SDM pertanian.

“Rancangan yang tepat, untuk mengetahui big picture dari kompetensi SDM yang dibutuhkan dari masing-masing subsektor pertanian seperti tanaman pangan, hortikultura, perkebunan dan peternakan,” ujar Syahrul.

Kementerian Pertanian melalui Badan Peyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) berupaya meningkatkan kualitas SDM khususnya diwilayah pedesaan melalui Program YESS dengan penyediaan fasilitas dan bimbingan kepada generasi muda untuk menjadi wirausahawan atau tenaga kerja yang profesional di sektor pertanian.

Kepala BPPSDMP Dedi Nursyamsi mengungkapkan sudah saatnya generasi muda untuk mengambil peranan dalam pembangunan pertanian.

Itu terbukti banyak pemuda-pemuda terdidik saat ini yang menjadi pelopor dalam usaha pertanian.

“Dalam Program YESS generasi muda akan ditingkatkan kapasitasnya melalui pendekatan penyuluhan, pelatihan, dan pendidikan agar nantinya dapat menjadi wirausaha ataupun pekerja yang andal dan mandiri di sektor pertanian,” ujar Dedi.

Gelar pelatihan peningkatan kapasitas UMKM jalur investasi, Kementan ingin mencetak petani milenial yang andal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News