Kementan Gerak Cepat Siapkan Vaksin PMK, Wagub Sumbar: Insyaallah Bisa Tercover

Kementan Gerak Cepat Siapkan Vaksin PMK, Wagub Sumbar: Insyaallah Bisa Tercover
Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy memberikan apresiasi gerak cepat Kementerian Pertanian (Kementan) menyediakan vaksin PMK.. Foto: Dokumentasi Kementan

jpnn.com, PADANG - Wakil Gubernur Sumatera Barat (Wagub Sumbar) Audy Joinaldy memberikan apresiasi gerak cepat Kementerian Pertanian (Kementan) dalam mempersiapkan vaksin untuk Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Dia menyebut Sumber mendapatkan 4.200 dosis vaksin PMK dari Kementan.

“Terima kasih Bapak Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) atas perhatian pengendalian penyakit PMK di Sumbar dengan memberikan bantuan vaksin PMK," ujar Audy saat pelaksanaan Apel Siaga dan Rapat koordinasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit PMK di Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sumatera Barat, Kota Padang, Kamis (24/4).

Dia memastikan, jumlah 4.200 dosis vaksin PMK untuk Provinsi Sumbar itu bisa mencukupi karena prioritas vaksin tahap pertama sekitar 700 sapi perah dan sapi yang ada di Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD).

Audy menjelaskan, alasan utama menjadikan sapi perah sebagai prioritas karena memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

Selain itu, bisa menjadi bahan olahan seperti susu dan keju.

"Insyaallah bisa tercover. Kami prioritaskan untuk sapi perah dan sapi yang ada di UPTD, ya, karena utamanya nilai ekonomi untuk peternak sendiri tinggi," ucap Audy.

Audy menambahkan, masyarakat tidak perlu khawatir dengan wabah PMK, khususnya di Sumbar menjelang Hari Raya Iduladha.

Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy memberikan apresiasi gerak cepat Kementerian Pertanian (Kementan) menyediakan vaksin PMK.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News