Kementan - Kodam Siliwangi Bersinergi Mengatasi Dampak Kemarau di Sektor Pertanian

Kementan - Kodam Siliwangi Bersinergi Mengatasi Dampak Kemarau di Sektor Pertanian
Kementan menggelar rapat koordinasi tentang upaya khusus Ppadi, jagung dan kedelai (Upsus Pajale) di Bogor, Jawa Barat, Kamis (5/9). Foto: Elfany Kurniawan/JPNN.com

jpnn.com, BOGOR - Kementerian Pertanian atau Kementan kembali menggelar rapat koordinasi upaya khusus padi, jagung dan kedelai (Upsus Pajale) di Bogor, Jawa Barat, Kamis (5/9).

Dalam rapat ini, Kementan mengundang Dinas Pertanian Kabupaten, Kodim, dan Tim Upsus guna menyamakan langkah dalam percepatan tanam September ini.

Direktur Jenderal Tanaman Pangan Suwandi mengingatkan kembali agar dilakukan percepatan tanam bulan September. Bulan ini target harus terpenuhi, bahkan bagi wilayah yang minus bulan Agustus lalu agar ditambahkan untuk bulan ini.

"Alasannya tak lain karena luas tanam bulan September akan tercatat di produksi tahun 2019 ini. Jadi kalau tanamnya Oktober ya lewat, nanti akan tercatat di tahun berikutnya," ujar Suwandi dalam rakor tersebut.

Sebagai gambaran, hasil evaluasi luas tambah tanam (LTT) secara keseluruhan perbandingan pertanaman Mei sampai Juli antara 2019 dengan 2018 meningkat. Artinya musim kemarau bisa disiasati oleh Kementan untuk memanfaatkan lahan yang ada. Namun begitu, menurut Suwandi hal ini tidak lantas membuat lengah.

"Saya sangat berharap pada provinsi Jabar ini karena disini adalah salah satu penyangga pangan nasional, jadi ya harus ada langkah serius," ucapnya.

Suwandi menyebutkan, ada beberapa strategi yang harus dilakukan untuk mengejar bulan September ini. Sebagaimana diketahui prediksi BMKG masih akan kering di bulan ini. Pertama, untuk petugas Dinas Pertanian Suwandi meminta agar segera melengkapi dan mengirimkan usulan penerima bantuan.

"Langkah konkritnya kami akan mengadakan pertemuan dengan penyedia benih jadi bapak ibu semua bisa langsung melakukan kontrak," sebutnya.

Kementan mengundang Dinas Pertanian Kabupaten, Kodim, dan Tim Upsus guna menyamakan langkah dalam percepatan tanam September ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News