Kementan Launching Pasar Lelang Cabai di Tuban

Kementan Launching Pasar Lelang Cabai di Tuban
Direktur Jenderal Hortikultura Suwandi menyaksikan dan membuka secara langsung proses lelang cabai perdana di Tuban, Jawa Timur. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, TUBAN - Kementerian Pertanian kembali meluncurkan pasar lelang cabai di Desa Wadung, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Lokasi ini sebagai tempat terbaru bertransaksi cabai. Sebanyak 50 orang anggota Asosiasi Petani Horti Sumber Rejeki Petani tergabung dalam pasar lelang ini.

Pada kesempatan ini hadir Direktur Jenderal Hortikultura Suwandi menyaksikan dan membuka secara langsung proses lelang cabai perdana. "Ini sesuai arahan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman untuk menjaga stabilitas pasokan dan harga di petani serta memotong rantai pasok dengan pola pasar lelang. Petani akan menikmati harga tertinggi dari penawar yang ada," ujar Suwandi.

"Ini solusi soft system memberi perlindungan ke petani untuk jaminan pasar dan kepastian harga. Manfaat lainnya adalah, petani menerima cash and carry, tercipta one region and one price, pasar adil dan transparan, memotong rantai pasok. Dampaknya adalah terciptanya stabilitas harga di konsumen," tambahnya.

Suwandi berharap bila nanti pasar lelang sudah berjalan rutin, cakupan wilayah dan komoditasnya perlu diperluas. Pemerintah akan memfasilitasi berikut bangsal dan perlengkapannya. Termasuk sarana teknologi informasi online untuk pengiriman data, laporan dan penyebarannya.

"Bahkan setelah berkembang pasar lelang, nantinya dikenalkan pola e-commerce, penjualan online, pola resi gudang sayuran dan bentuk pasar lainnya yang lebih efisien, praktis dan up to date," jelasnya.

Sebelumnya, terdapat 12 pasar lelang yang sudah berjalan yakni Kabupaten Sleman, Kulonprogo, Magelang, Karanganyar, Wonogiri, Temanggung, Banyuwangi, Kediri, Siborong-borong, Karo, Enrekang dan Cianjur. Sebanyak delapan pasar serupa di kabupaten lain masih dalam tahap inisiasi. Termasuk di dalamnya Kabupaten Bandung, Sumedang, Probolinggo, Banjarnegara, Kebumen, Ogan Komering Ilir, Pesawaran dan Lombok Timur.

Untuk mengembangkan pasar lelang tersebut, Direktorat Jenderal Hortikultura telah bekerja sama dengan Pemda dan instansi terkait. “Perlu diingat bahwa pasar lelang ini bukan membangun fisik bangunan baru, bukan hard system, yang dibangun adalah soft system-nya. Bagaimana mempertemukan antara sekelompok petani sebagai penjual dengan para pedagang sebagai pembeli dengan pola lelang," ujar Suwandi.

"Saya mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Pemda kabupaten Tuban, dinas beserta jajarannya atas inisiatif menyelenggarakan pasar lelang ini," tambah Suwandi.

Kementerian Pertanian kembali meluncurkan pasar lelang cabai di Desa Wadung, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News