Sabtu, 24 Agustus 2019 – 16:28 WIB

Kementan Lepas Ekspor Bawang Merah ke Tetangga di Asia Tenggara

Selasa, 16 Juli 2019 – 20:16 WIB
Kementan Lepas Ekspor Bawang Merah ke Tetangga di Asia Tenggara - JPNN.COM

jpnn.com, SURABAYA - Kementerian Pertanian (Kementan) kembali melakukan pelepasan ekspor bawang merah ke sejumlah negara tetangga di Asia Tenggara. Sedikitnya ada 1.000 ton bawang merah dikirim ke Singapura, Malaysia, Filipina dan Thailand.

Tak hanya itu, Kementan juga melepas ekspor jahe gajah ke Bangladesh sebanyak 500 ton di Surabaya, Selasa (16/7).

BACA JUGA: Kebijakan Ekspor Bawang Merah Patut Dievaluasi

Direktur Jenderal (Dirjen) Hortikultura Suwandi serta Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Hortikultura Yasid Taufik melakukan pelepasan ekspor ini secara simbolis.

Menurut Suwandi, ekspor ini adalah buah manis dari kebijakan pangan Menteri Pertanian (Mentan) Amran. Dengan adanya ekspor, diharapkan dapat mewujudkan kedaulatan pangan, meningkatkan kesejahteraan petani, serta menggenjot pertumbuhan ekonomi nasional.

"Jadi, sejak 2015 kami fokus meningkatkan produksi di daerah sentra dan memperluas kawasan pertanian, khususnya di luar Pulau Jawa dan wilayah perbatasan," kata Suwandi, Selasa (16/7).

Dia menambahkan, ekspor ini mesti teus didorong dan didukung penuh agar pertumbuhan ekonomi semakin kuat dan masyarakat semakin sejahtera.

Sesuai dengan data Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat sejak 2016 telah menutup total kran impor bawang merah dan cabai segar.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar