Kementan Mulai Persiapkan Pelaksanaan PENAS Petani Nelayan XVII

Kementan Mulai Persiapkan Pelaksanaan PENAS Petani Nelayan XVII
Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian Bustanul Arifin Caya (tengah) bertemu Pj Gubernur Gorontalo (kiri) membahas persiapan PENAS Petani Nelayan di Rumah Jabatan Kantor Gubernur Gorontalo, Kamis (3/8). Foto: Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) melakukan berbagai langkah persiapan pelaksanaan PENAS Petani Nelayan.

Sesuai dengan hasil Rembug Utama PENAS Petani Nelayan XVI Padang Sumatera Barat, disepakati bahwa pelaksanaan PENAS Petani Nelayan XVI Tahun 2026 ialah Provinsi Gorontalo.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengatakan bahwa PENAS Petani Nelayan memiliki peranan yang sangat strategis dan harus menjadi bagian dari upaya konsolidasi bersama dalam menjaga ketahanan pangan nasional ditengah ancaman krisis pangan dan fenomena El Nino.

Mentan Syahrul menambahkan PENAS Petani Nelayan adalah bagian-bagian untuk mengkonsolidasi, kekuatan dan potensi pertanian. Khususnya untuk menjaga ketahanan pangan nasional kita.

“PENAS Petani Nelayan harus menjadi puncak komunikasi emosional kita dan menjadi sangat penting untuk menyatukan visi dan pandangan kita dalam menghadapi berbagai tantangan,” tegas Mentan Syahrul.

Sementara Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi mengatakan bahwa PENAS Petani Nelayan diharapkan menjadi komitmen bersama untuk mempercepat pembangunan pertanian dalam berbagai program dan kebijakan disetiap daerah untuk mengantisipasi krisis pangan global serta menjaga kemandirian serta kedaulatan pangan nasional.

Selain itu, berbagai inovasi dan teknologi yang ditampilkan PENAS Petani Nelayan dapat didiseminasikan dan diimplementasikan di daerah asal masing-masing.

Kabadan Dedi mengajak seluruh petani, nelayan hingga pelaku usaha tani untuk mulai menentukan rencana tindak lanjut dalam mengembangkan usaha agribisnis, perikanan guna meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan serta kemandirian dan daya saing petani serta nelayan.

Kementerian Pertanian melakukan berbagai langkah persiapan pelaksanaan PENAS Petani Nelayan di Provinsi Gorontalo.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News