Kementan Pasok Alsintan ke Minahasa Tenggara

Kementan Pasok Alsintan ke Minahasa Tenggara
Ilustrasi alsintan. Foto: Kementan

jpnn.com, MINAHASA TENGGARA - Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara, pada 2019 mendapatkan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) dari Kementerian Pertanian (Kementan).

Di antaranya 10 unit hand tractor, 25 unit pompa air, serta 5 unit kultivator.

Dirjen PSP Sarwo Edhy mengatakan, dalam APBN 2019, DPR RI bersama pemerintah menyiapkan hampir Rp 4,9 triliun untuk Ditjen Prasaranana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian yang bertanggung jawab mengurusi Alsintan dan irigasi tersier.

Tak hanya itu, DPR RI dan pemerintah juga menetapkan pagu subsidi pupuk tahun anggaran 2019 sebanyak 9,55 juta ton atau setara dengan Rp 29,5 triliun, baik untuk pupuk Urea, SP-36, ZA, NPK maupun organik.

“Besarnya anggaran yang digelontorkan sejalan dengan misi besar Indonesia untuk menggenjot produktivitas padi dari sekitar 56,54 juta ton pada 2018 mencapai 84 juta ton di 2019, jagung 33 juta ton, kedelai 2,80 juta ton, bawang merah 1,41 juta ton, cabai 2,29 juta ton, dan bawang putih 0,079 juta ton,” jelas Sarwo Edhy, Minggu (3/3).

Tak hanya di Kabupaten Minahasa Tenggara, lanjut Sarwo, pendistribusian Alsintan juga dilakukan ke berbagai daerah lainnya, khususnya daerah dengan potensi pertanian yang besar.

Sudah ratusan ribu traktor yang disebar ke seluruh wilayah Indonesia, dari Aceh sampai Papua, dari Miangas sampai Pulau Rote. 

“Berbagai fasilitas yang telah diberikan kepada para gapoktan, hendaknya bisa dirawat dengan baik. Jangan sampai bantuan tersebut menjadi sia-sia. Karena yang rugi bukan hanya para petani, melainkan juga bangsa Indonesia,” pungkas Sarwo Edhy.

Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara, pada 2019 mendapatkan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) dari Kementerian Pertanian (Kementan).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News