Kementan Siapkan 2 Juta Hektar Lahan

Atasi Kebutuhan Tebu dan Kedelai

Kementan Siapkan 2 Juta Hektar Lahan
Kementan Siapkan 2 Juta Hektar Lahan
JAKARTA- Menteri Pertanian, Suswono mengatakan sangat berkonsentrasi untuk merealisasikan peningkatan produksi pertanian. Peningkatan itu dimaksudkan untuk mengatasi defisit kebutuhan pertanian seperti kedelai dan tebu.

 

"Karena kekurangan lahan, maka akan ada upaya penambahan lahan baru. Untuk ke depan kita akan coba menanam tebu dan kedelai atau bule. Target kita 2 juta hektar masih menunggu persetujuan dari BPN. Kita targetkan agar bisa mengurangi impor dengan meningkatkan produksi nasional 20 persen per tahun," kata Suswono pada wartawan, Rabu (3/3) usai rapat koordinasi Ketahanan Pangan di kantor Menko Perekonomian, Jakarta.

Ada beberapa opsi yang dipersiapkan guna memenuhi produksi nasional. Di antaranya adalah pemerintah akan melakukan perluasan lahan tanam "bule" yang baru. Selain itu dipersiapkan pula untuk mengintegrasikan lahan tebu dengan kedelai dengan memanfaatkan masa musim panen yang berbeda.

"Pemerintah juga berupaya bisa memanfaatkan lahan terbuka pada saat perhutani tebang pohon. Selain itu ada pula rencana pemanfaatan Hutan Tanaman Industri (HTI) untuk ditanami sementara mengatasi defisit kedelai yang masih cukup besar. Target kita, solusi-solusi tersebut bisa memenuhi konsumsi 2,1 juta ton kebutuhan bule per tahun agar swasembada 2014 bisa diatasi," kata Siswono.

JAKARTA- Menteri Pertanian, Suswono mengatakan sangat berkonsentrasi untuk merealisasikan peningkatan produksi pertanian. Peningkatan itu dimaksudkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News