Kementerian PUPR Bangun Embung Ini untuk Mendukung Pembibitan Pohon di Kawasan IKN

Kementerian PUPR Bangun Embung Ini untuk Mendukung Pembibitan Pohon di Kawasan IKN
Rancangan embung sebagai fasilitas penunjang Persemaian Mentawir terletak di Desa Mentawir Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara Provinsi Kalimantan Timur. Foto: Humas Kementerian PUPR

jpnn.com, PENAJAM PASER UTARA - Menteri PUPR Basuki Hadimuljono memastikan bakal mendukung prasarana air baku bagi pembibitan pohon dengan skala besar di kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, di Kalimantan Timur.

"Sama seperti yang telah PUPR lakukan di Pusat Persemaian Modern (Nursery Center) di Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor," ujar Basuki dalam keterangan resmi pada Selasa (15/3).

Diketahui, Persemaian Mentawir untuk mendukung penghijauan kawasan IKN berada di Desa Mentawir Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Persemaian itu mempunyai lahan seluas 9 hektare dengan kapasitas produksi bibit 15-20 juta per tahun.

Kepala Balai Wilayah Sungai Kalimantan IV Samarinda Harya Muldianto menyebut sarana persemaian itu membutuhkan fasilitas penunjang berupa embung.

Embung tersebut dibangun dengan luas 40.000 meter persegi berkedalaman 4 meter sehingga mempunyai volume tampung sebesar 160.000 meter kubik air.

"Embung tersebut digunakan sebagai penyediaan air baku yang akan memanfaatkan Sungai Mandahan," ujar Harya. (mcr18/fat/jpnn)


Kementerian PUPR membangun embung seluas 40.000 meter persegi guna mendukung pembibitan pohon di kawasan IKN Nusantara.


Redaktur : M. Fathra Nazrul Islam
Reporter : Mercurius Thomos Mone

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News