Kementerian PUPR Klaim Pembangunan Sejuta Rumah Naik Tiap Bulan

Kementerian PUPR Klaim Pembangunan Sejuta Rumah Naik Tiap Bulan
Ilustrasi perumahan/ Dok JPNN

jpnn.com - JAKARTA- Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Syarif Burhanuddin mengklaim, realisasi program sejuta rumah terus mengalami kenaikan setiap bulan.

“Angka hasil pembangunan sejuta rumah terus naik setiap bulan dan berubah dalam setiap laporan rutin  yang disampaikan ke pimpinan. Hal itu juga terlihat dari data bank penyalur KPR FLPP. Tapi kami yakin data Program Sejuta Rumah sudah benar dan sesuai hasil monitoring dan evaluasi di lapangan,” tuturnya, di Jakarta, Jumat (18/12).

Selain itu, imbuh Syarif, berdasarkan laporan penyaluran KPR oleh masing-masing bank penyalur sampai November 2015, jumlah penyaluran kredit adalah Rp 42,3 triliun. Adapun nilai penyaluran itu terdiri dari nilai penyaluran KPR-FLPP sebesar Rp 11,9 triliun. Jumlah tersebut tersalur untuk 120.491 unit rumah masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Sedangkan nilai penyaluran KPR Komersial sebesar Rp 30,4 triliun untuk 97.134 unit rumah komersial (Non-MBR).‎ Khusus Bank BTN, lanjutnya, dalam upaya mendorong pembangunan rumah tinggal, menyelenggarakan dukungan Kredit Konstruksi bagi para pengembang yang membangun rumah MBR maupun rumah komersil. 

Adapun nilai penyaluran Kredit Konstruksi bagi rumah MBR sebesar Rp 6,2 triliun dengan jumlah 151.172 unit rumah MBR.Nilai penyaluran Kredit Konstruksi bagi rumah Non-MBR sebesar Rp 17.7 triliun dengan jumlah 128.534 unit rumah Non-MBR.

“Jumlah pembangunan rumah MBR dan rumah Non-MBR ditambahkan dengan jumlah pembangunan yang sedang dilaksanakan oleh Pemerintah Pusat (Kementerian PUPR dan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi), Pemerintah Daerah, perusahaan pelaksana Corporate Social Responsibility (CSR), dan masyarakat, maka total pembangunan rumah tinggal tahun 2015 adalah sebanyak 660.474 unit,” bebernya. (esy/jpnn)


JAKARTA- Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Syarif Burhanuddin mengklaim, realisasi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News