Kementerian PUPR Siapkan Pembangunan Akses Air Minum di Lima KSPN Prioritas

Kementerian PUPR Siapkan Pembangunan Akses Air Minum di Lima KSPN Prioritas
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Foto: ANTARA/Ade Irma Junida/sh

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berupaya untuk meningkatkan akses air minum aman lima Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Prioritas, yakni Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, dan Manado-Likupang. 

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, sarana dan prasarana air minum merupakan infrastruktur dasar yang memberikan pengaruh vital pada kesehatan dan lingkungan.

"Dengan tersedianya sarana air bersih dan layak minum diharapkan akan meningkatkan pemahaman tentang hidup bersih untuk mencegah penyebaran COVID-19 sekaligus mengurangi risiko penyakit yang berdampak pada kesehatan serta memperkecil kasus gizi buruk dan stunting," papar Basuki dalam keterangan tertulis, Rabu (9/9).

Basuki melanjutkan, pembangunan jaringan layanan air bersih melalui peningkatan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) diharapkan mampu mendukung produktivitas sektor pariwisata di tengah ketidakpastian ekonomi akibat pandemi.

Pembangunan jaringan layanan air bersih melalui peningkatan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) diharapkan mampu mendukung produktivitas sektor pariwisata di tengah ketidakpastian ekonomi akibat pandemi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News