Kementerian PUPR & Telkomsel Perkuat Digitalisasi lewat Teknologi Geospasial

Kementerian PUPR & Telkomsel Perkuat Digitalisasi lewat Teknologi Geospasial
Irghan Santiz, Head of GIS Data Management Team, mewakili Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menerima penghargaan Special Achievement in GIS Award. Foto: source for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian PUPR dan Telkomsel mendapatkan Esri SAG Award atau penghargaan khusus atas pengunaan teknologi Sistem Informasi Geografis (SIG).

Hal itu buah dari langkah kedua pihak tersebut dalam mendorong transformasi digital di Indonesia ke level baru, melalui penggunaan teknologi geospasial (pemetaan cerdas) yang inovatif.

Keduanya merintis optimalisasi data dengan dukungan teknologi pemetaan digital, yang merampingkan dan memperluas akses data lintas tim untuk membentuk alur kerja yang efisien.

PUPR dan Telkomsel memenangkan pernghargaan dari ratusan ribu organisasi di seluruh dunia – pada acara Esri User Conference yang berlangsung di San Diego, Amerika Serikat.

Esri adalah penyedia teknologi SIG, yang memungkinkan pemerintah atau entitas perusahaan memanfaatkan analisis data berbasis lokasi, untuk mendorong efisiensi operasional dan memfasilitasi pengambilan keputusan berdasarkan data dan bukti.

“Optimalisasi data menjadi prioritas pemerintah dan pelaku bisnis di era digital. Kementerian PUPR dan Telkomsel menjadi dua institusi terdepan dalam pemanfaatan teknologi geospasial, untuk kepentingan pelayanan publik,” ujar Presiden Direktur Esri Indonesia, Leslie Wong dalam keterangannya, Sabtu (15/7).

Leslie menyebut pemetaan layer data yang divisualisasikan dengan analisis lokasi pada peta digital memungkinkan tim pekerja teknis dan non-teknis melakukan percakapan, yang belum dijelajahi sebelumnya.

Rangkaian ini membangun alur kerja baru yang menghemat waktu dan sumber daya.

Kementerian PUPR dan Telkomsel mendapatkan Esri SAG Award atau penghargaan khusus atas pengunaan teknologi Sistem Informasi Geografis (SIG).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News