Kemhan Kirim Bantuan dan Perbantukan Pesawat Hercules C-130 untuk Turki

Kemhan Kirim Bantuan dan Perbantukan Pesawat Hercules C-130 untuk Turki
Misi bantuan kemanusiaan gelombang pertama yang disediakan Indonesia bagi korban gempa Turki tiba di Ankara pada Minggu (12/2). Foto: Dok Kemhan

jpnn.com, ANKARA - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto telah melepas misi bantuan kemanusiaan gelombang pertama yang disediakan Indonesia bagi korban gempa di Turki, Sabtu (11/02) lalu.

Bantuan barang dan personel tersebut diangkut menggunakan pesawat Hercules C-130 TNI AU.

Kepala Biro Humas Kemhan, Kolonel Inf. Edwin Adrian Sumantha mengatakan pesawat itu tiba di Turki pada Minggu (12/2) dengan selamat.

Menhan Prabowo kemudian memerintahkan agar pesawat Hercules C-130 TNI AU tersebut untuk sementara waktu diperbantukan kepada pihak Badan Penanggulangan Bencana Turki (AFAD).

Pesawat yang memiliki daya angkut 10 ton tersebut diperbantukan kepada pihak Turki hingga 20 Februari 2023.

“Alhamdulillah kegiatan yang dilakukan mulai dari keberangkatan sampai dengan aktivitas perbantuan berjalan dengan aman dan lancar,” ujarnya.

Duta Besar Indonesia untuk Turki, Lalu Muhamad Iqbal mengucapkan terima kasih kepada Kemhan RI yang telah memberikan pesawat tersebut untuk diperbantukan.

“Bapak Menhan RI yang memberikan perintah agar pesawat Hercules dan kru tersebut diperbantukan kepada pihak Turki untuk penanggulangan bencana. Beliau paham bahwa dalam situasi seperti ini masalah supply logistik menjadi sangat kritis. Oleh karena itu beliau ingin Indonesia bisa membantu," ujar Dubes Lalu.

Menhan Prabowo Subianto memerintahkan agar pesawat Hercules C-130 TNI AU diperbantukan kepada pihak Badan Penanggulangan Bencana Turki.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News