Kemlu Kirim Tim Malam Ini ke Tokyo

Indonesia Nyatakan Siap Membantu Jepang

Kemlu Kirim Tim Malam Ini ke Tokyo
PARAH - Dampak tsunami di salah satu daerah yang terkena di Jepang, seperti terlihat pagi tadi saat warga baru saja keluar rumah. Foto: Reuters.
JAKARTA - Kesiapsediaan untuk membantu Jepang, terkait bencana gempa dan tsunami yang baru saja melanda Negeri Sakura itu, kembali ditegaskan oleh pemerintah Indonesia. Hal ini setidaknya sebegaimana yang diungkapkan Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Marty Natalegawa, kepada media massa, Sabtu (12/3).

"Sehubungan perkembangan bencana gempa bumi dan tsunami di Jepang, Presiden RI, pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia kembali menyampaikan duka cita yang sangat mendalam atas musibah tersebut," ungkap Menlu. "Sebagai negara sahabat, Presiden telah menginstruksikan Menlu RI untuk menyampaikan kepada pemerintah Jepang, kesiapan Pemerintah RI untuk segera membantu mengatasi bencana tersebut," lanjutnya.

Belum ada penjelasan mengenai detail teknis atau tindak lanjut dari bentuk bantuan pemerintah RI kepada Jepang tersebut. Namun sementara itu yang pasti, sebagaimana dipaparkan juga oleh Menlu, malam ini satu tim dari Kemlu pun berangkat ke Tokyo, guna membantu upaya KBRI di ibukota Jepang itu dalam melindungi keberadaan dan memastikan keselamatan WNI.

Berdasarkan lembar data dari Kemlu pula, disebutkan bahwa Tim Pendukung Kemlu yang dikirim guna membantu KBRI itu terdiri dari lima orang pejabat Kemlu yang akan berangkat malam ini juga ke Tokyo. "Tim (ini) bertugas membantu KBRI Tokyo dalam penangangan perlindungan WNI di wilayah-wilayah yang terkena dampak bencana, khususnya wilayah Miyagi dan Iwate yang cukup parah," tulis pihak Kemlu.

JAKARTA - Kesiapsediaan untuk membantu Jepang, terkait bencana gempa dan tsunami yang baru saja melanda Negeri Sakura itu, kembali ditegaskan oleh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News