Kemnaker Bakal Dirikan Balai Latihan Kerja di Kota Prabumulih

Kemnaker Bakal Dirikan Balai Latihan Kerja di Kota Prabumulih
Menaker Ida Fauziyah saat menerima Wali Kota Prabumulih Ridho Yahya di kantornya, Jakarta, Selasa (13/4), Foto: humas Kemnaker

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) bakal mendirikan Balai Latihan Kerja Unit Pelaksana Teknis Pusat (BLK UPTP) di Prabumulih, Sumatera Selatan.

Hal itu diketahui saat Menteri Ketenagakerjaan atau Menaker Ida Fauziyah menerima kunjungan Wali Kota Prabumulih Ridho Yahya, di Kantor Kemnaker Jakarta, Selasa (13/4).

Menurut Menaker Ida, pembangunan BLK UPTP di Kota Prabumulih ini direncanakan secara bertahap. Pemilihan program kejuruan akan didasarkan pada kebutuhan SDM oleh dunia usaha/industri di Kota Prabumulih dan Sumsel.

"Kita akan kembangkan BLK UPTP ini dalam hal sarana dan prasarana yang cukup lengkap. Untuk pelatihan sesuai standar kompetensi yang sudah ada, dan juga untuk meningkatkan SDM yang ada di Prabumulih yang mampu bersaing di pasar kerja," kata Ida Fauziyah.

Menaker Ida berharap proses pendirian BLK berjalan lancar, sehingga manfaat keberadaannya dapat segera dirasakan masyarakat.

Sementara itu, Dirjen Binalattas Kemnaker Budi Hartawan mengatakan untuk pembangunan BLK UPTP ini lahan yang akan disiapkan Pemkot Prabumulih seluas 17 hektare.

Pada lahan seluas itu akan dibangun 14 bidang kejuruan yang meliputi Teknik Mekanika/Las, Otomotif, Garmen Apparel, Aneka Kejuruan, Bisnis dan Manajemen, Teknik Informasi dan Komunikasi.

"Kemudian Teknik Manufaktur, Pertanian, Bangungan, Migas, Refrigeration, Listrik, dan Elektronika," kata Budi.

Menaker Ida Fauziyah berharap pendirian BLK Prabumulih berjalan lancar agar manfaatnya dirasakan masyarakat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News