Kemnaker Beberkan 5 Pandangan Hadapi Perubahan Dunia Kerja, Simak

Kemnaker Beberkan 5 Pandangan Hadapi Perubahan Dunia Kerja, Simak
Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menyampaikan lima pandangannya untuk memastikan pasar tenaga kerja agar lebih resisten di masa depan. Foto: dok Kemnaker

jpnn.com, DUBAI - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menyampaikan lima pandangannya untuk memastikan pasar tenaga kerja agar lebih resisten di masa depan.

Pandangan itu dilakukan agar para pekerja bisa menghadapi dunia kerja yang terus berubah.

Pertama, perlu terus berinvestasi dalam pekerjaan berkelanjutan dengan mempercepat pengembangan keterampilan dan pembelajaran sepanjang hayat.

Wakil Menteri Ketenagakerjaan, Afriansyah Noor mengatakan perkembangan teknologi, demografi, lingkungan, dan globalisasi saat ini mempengaruhi permintaan keterampilan yang dibutuhkan oleh pekerja.

Oleh karena itu, dia menyebut menjadi penting untuk menyediakan akses bagi individu untuk mengembangkan dan memperkuat keterampilan mereka.

"Investasi dalam pelatihan dan kapasitas pekerja, serta pembelajaran sepanjang hayat membantu mempersiapkan pekerja, terutama pekerja migran, kaum muda, perempuan," kata Wamenaker pada Diskusi Panel KTT Pemerintah Dunia 2023, di Dubai, UEA, Selasa (14/2)

Kedua, perlu memastikan bahwa semua pekerja mendapatkan keuntungan dari proses pembangunan.

Dalam upaya tersebut, semua pihak harus mengembangkan kebijakan ketenagakerjaan yang dapat menanggapi dengan baik hak-hak pekerja maupun situasi global dan nasional yang selalu berubah.

Kebijakan ini harus inklusif bagi semua pekerja, termasuk perempuan, pemuda, lansia, dan penyandang disabilitas.

Berikut lima pandangan yang disampaikan Kemnaker pada saat pada Diskusi Panel KTT Pemerintah Dunia 2023, di Dubai, UEA, Selasa (14/2).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News